oleh

You C1000 Langka, Harga Naik Tak Wajar

-Ekonomi-375 views

SORONG – Selain masker bedah dan hand sanitizer ternyata minuman yang kaya akan vitamin C, yakni You C1000 juga habis diburu pembeli di tengah pandemi virus corona. Bukan tanpa alasan, vitamin C memang memiliki beragam manfaat yang tidak bisa diberikan nutrisi lain dan diyakini menjadi salah satu sumber nutrisi penting untuk menjaga imunitas kesehatan.
Kendati belum ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa minuman vitamin C secara spesifik mampu mencegah covid-19, akan tetapi dari penulusuran Radar Sorong beberapa supermarket dan toko sudah kehabisan pasokan minuman bervitamin C ini.
”Stok You C1000 memang lagi kosong sudah beberapa Minggu terakhir. Kalau mau ada minuman lain yang mengandung 1000mg vitamin C juga, hanya beda merek saja,” ujar salah seorang karyawan supermarket yang enggan disebutkan namanya, (20/6). Menurutnya, selain mulai langka dan sulit diperoleh, harganya pun naik sekitar 50 persen.
”Saya kurang tau juga sih berapa harganya dari distributor, yang pasti memang naik. ­Karena harga eceran yang dijual disini juga naik. Biasanya kan paling sekitar Rp 9.000, nah sudah beberapa Minggu terakhir pas mulai langka, kami ecernya Rp 14.000,” ungkapnya.
Sempat sebelum langka, lanjutnya, dirinya memang beberapa kali melayani pembeli You C1000 dalam jumlah cukup besar. ”Pernah ada beberapa orang beli banyak sekali, saya fikir mungkin untuk dijual. Karena kalau untuk diminum sendiri rasanya tidak mungkin, saking banyaknya,” kata dia. Selain mengunjungi supermarket, Radar Sorong juga menjajaki beberapa toko yang sebelumnya menjual minuman tersebut, namun hasilnya nihil.
Haji Risma, salah seorang pemilik toko mengatakan dirinya sudah sekitar sebulan yang ­lalu tidak lagi menjual minuman You C1000 sama sekali, karena harganya yang melonjak gila-­gilaan.
”Sebulan full saya sudah tidak jual lagi, bagaimana mau jual modal saja sudah mahal sekali, terus stok juga kosong dari beberapa distributor,” ungkapnya.
Biasanya, kata dia satu kardus minuman You C1000 dengan total 30 botol harganya hanya Rp 235.000-an, namun sekarang sudah melambung sampai lebih dari Rp 500.000 per kardus. Sehingga otomatis harga eceran pun kelas lebih mahal.
”Terakhir sebelum kosong, saya jual harganya Rp 18.000. Orang langsung kaget, kadang tidak jadi beli karena mahal.
Tapi ya mau bagaimana namanya kita berdagan kan cari untung juga. Bahkan ada juga itu yang jual di media sosial Rp 600.000 per kardus,” bebernya. Menurutnya, memang banyak peminat minuman You C1000, penjualan pun bagus. Terkait kelangkaan, dirinya menduga mungkin karena stok di Jawa juga sedang kosong, ditambah lagi dengan terbatasnya akses keluar masuk kapal yang membawa pasokan dari luar pulau.
Namun Risma berharap agar pemerintah juga ikut turun tangan untuk melakukan sidak, apakah minuman ini memang benar-benar kosong atau ada oknum yang bermain dibelakangnya.
”Saya rasa pemerintah tetap wajib turun tangan lah, mungkin ada sidak di gudang para distributor. Untuk produk-produk yang langka, apakah kosong dari sananya, atau mungkin mereka sengaja timbun. Jangan di keadaan seperti ini terus ada yang coba mencari celah lagi,” harapnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed