oleh

Yance Salambauw Maju Pilkada Sorsel?

-Sorong Raya-674 views

SORONG-Tim kerja bakal calon bupati Kabupaten Sorong Selatan jalur perseorangan, Yance Salambauw,SH,MH, Selasa (3/11) kemarin mendatangi Komisi Pemilihan Unum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan untuk berkonsultasi sekaligus menunjukan dokumen KTP yang telah mereka kumpulkan sebagai syarat dukungan bakal calon jalur perseorangan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 40 dan 41, serta PKPU yang terkait didalamnya tentang syarat pencalonan bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah jalur partai politik dan jalur perseorangan.

Karubium Agustinus Momot selaku koordinator aksi pengumpulan dokumen KTP bakal calon Bupati Sorong Selatan Yance Salambauw,  mengapresiasi animo dan dukungan politik masyarakat Sorsel yang antusias menyerahkan KTP-nya sebagai bentuk dukungan politiknya kepada  Yance Salambauw melalui tim kerjanya yang bergerak mendatangi dan bersosialisasi dengan masyarakat. “Karena apa, masyarakat Sorong Selatan sudah cerdas dalam menentukan pilihan dan dukungan politik,” kata Karubium Agustinus Momot sembari mengatakan, tahapan pendaftaran bakal calon baru dimulai Februari 2020, namun konsultasi yang dilakukan pihaknya dengan KPU Sorsel untuk mendapat masukan, saran dan petunjuk dari penyelenggara pemilu.

Karubium mengatakan, yang dijadikan sampel untuk dikonsultasikan adalah Distrik Metemani, dari total 8 distrik yang telah dilakukan pengumpulan dukungan dokumen KTP. “Dari hasil konsultasi kami dengan KPU, tidak ada satu catatan untuk perbaikan dokumen. Kami jadikan Distrik Metemani sebagai sampel, itu tidak ada catatan sedikitpun. Artinya, semua dokumen yang kami buat dan konsultasikan itu telah mengacu pada ketentuan PKPU yang berlaku,” jelasnya sembari mengatakan, tahapan konsultasi ini adalah persiapan meminimalisir kekurangan-kekurangan sebelum sebelum pendaftaran dan verifikasi berkas nantinya. 

Karubium Momot menyatakan, KTP yang terkumpul dari masyarakat pendukung Yanse Salambauw yang sebarannya di 15 distrik, sebanyak 7.013 lembar. “Kami pastikan akan terus bertambah, karena tim masih terus bersosialisasi kepada masyarakat, memberi pencerahan dan edukasi politik, sehingga masyarakat pun spontan menyerahkan KTP sebagai bentuk dukungan kepada bakal calon bupati jalur perseorangan Yance Salambauw,” tandasnya.

Ditambahkannya, syarat dukungan minimum dari prosentase 10 persen DPT Pemilu terakhir Sorong Selatan 48.085, adalah 4.309 lembar KTP. “Dokumen KTP yang sudah terkumpul di kami sampai denggan kemarin adalah 7.013. itu artinya kami sudah melampaui target,” pungkasnya.  (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed