oleh

Waspadai dan Cegah Penularan Rabies

-Metro-1.048 views

SORONG-Dinas Pertanian Kota Sorong Bidang Peternakan didukung Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Papua Barat menggelar vaksinasi dan pemberian obat cacing secara gratis untuk Hewan Penularan Rabies (HPR) anjing dan kucing, selama 3 hari yakni tanggal 15, 16 dan tanggal 17 berlokasi di Kantor Dinas Pertanian Kota Sorong, Jalan Sorong-Klamono Km 15 Depan Hutan Lindung.

“Kami setiap tahun itu ada kan hari Rabies sedunia, yang jatuh pada setiap tanggal 28 September. Dalam rangka hari rabies sedunia kami melaksanakan vaksinasi rabies pengobatan obat cacing Kepada masyarakat Kota Sorong yang memiliki hewan peliharaan kucing dan anjing secara gratis dari tanggal 15 sampai tanggal 17 September,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Sorong, drh. Maria Margaretha Firdiana Krisnaningsih kepada awak media, Rabu (25/9).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Dikatakannya, tujuan vaksinasi untuk mengedukasi kepada masyarakat betapa pentingnya vaksin rabies. Karena kita ketahui sendiri bahwa rabies itu adalah penyakit Zoonosis nomor 2 yang berbahaya.

“Zoonosis adalah penyakit yang bisa menular dari manusia ke hewan bahkan sebaliknya. Kalau penyakit rabies sudah banyak yang tahu, karena bisa ditularkan melalui gigitan,” jelasnya.

“Tapi tidak hanya gigitan saja, kalau misalnya kita bergaul atau berinteraksi dengan hewan terkena rabies kemudian ada luka di badan kita undian air liur terkena luka Kita. Tepung bisa terkena rabies. Kemudian penularannya bisa air liur yang terinfeksi masuk melalui mata, mulut atau hidung. Itu sangat berbahaya sekali, tidak melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat,” sambungnya.

drh Firdiana, menyebutkan bahwa Gejala rabies pada hewan, kalau pada anjing itu dia sangat agresif, tidak suka cahaya, dia tidak suka air, dia suka menyendiri, tak semua benda itu dia gigit. Jadi dia tidak akrab dengan pemiliknya, kemudian air liur keluar terus. Sama halnya dengan kucing tapi tidak seagresif anjing. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed