oleh

Warga Tiga Kampung Dilatih Wirausaha

KAIMANA – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Kaimana, Senin (27/7) lalu, telah menggelar pelatihan kewirausahawan bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah untuk 3 kampung di Kabupaten Kaimana, yakni Kampung Tanggaromi, Kampung Coa dan Kampung Trikora setiap kampung ­diwakili oleh 10 orang peserta.
Pelatihan kewirausahaan bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah tersebut dilaksanakan berdasarkan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Serta Peraturan Menteri Koperasi Usaha kecil dan Menengah RI No.18/PER/M.KUKM/18/2015 Tentang Pedoman Pendidikan dan Pelatihan bagi Sumber Daya Manusia Koperasi Serta ­Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah.
“Kami berikan pemahaman kepada mereka apa itu wirausaha, siapa saja yang dapat menjadi pelaku usaha. Artinya SDA sudah tersedia, tinggal bagaimana memanfaatkan dan mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi,” jelas Plh Kepala Dinas Perindakop Kaimana Agustinus Janoma saat dikonfirmasi melalui saluran teleponnya, Rabu (29/7).
Pelatihan kewirausahaan yang digelar untuk 3 kampung tersebut, memiliki wilayah yang strategis untuk dijadikan sebagai tempat pusat perbelanjaan, untuk beberapa distrik yakni Distrik Teluk Arguni, Distrik Kambrau, dan Distrik Arguni Atas.
“Memang 3 kampung letaknya sangat strategis jika dimanfaatkan oleh pelaku usaha lokal,” ujar kadis ­Janoma.
Dikatakan Janoma, pelatihan dalam meningkatkan pemahaman kewirausahaan bagi pelaku usaha lokal khusus OAP, serta diharapkan ­kepada peserta pelatihan dapat melihat peluang usaha,agar nantinya bisa dikembangkan.
“Kami memberikan pilihan bagi mereka untuk memilih usaha yang akan mereka kembangkan. Kami akan mengontrol, serta membantu bagaimana cara mengembangkan usaha yang telah mereka pilih,” kata Janoma. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed