oleh

Warga Minta Pelindo Buka Akses Jalan Baru

-Metro-517 views

SORONG-Masyarakat yang bermukim di jalan A. Yani belakang Kantor Pelindo IV Sorong, mendatangi kantor Walikota Sorong untuk meminta agar PT Pelindo IV Sorong tidak menutup akses jalan yang berada di samping kantor PT. Pelindo IV Sorong sebelum membuka akses jalan baru sebagai penggantinya.

Kedatangan masyarakat diarahkan perwakilan masyarakat untuk melakukan pertemuan, dihadiri Assisten I Setda Kota Sorong Rahman, S.STP, sejumlah pejabat terkait Pemkot Sorong dan pihak General Manager PT Pelindo IV Sorong di ruang Melati, Kantor Wali Kota Sorong.

Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM mengatakan bahwa akses jalan yang berada disamping kantor PT. Pelindo IV Sorong yang mau ditutup itu sesungguhnya milik Pelindo dan siapapun yang ada di atas tanah tersebut hanya numpang sehingga ketika Pelindo mau melakukan apapun sesuai dengan  perencanaan hal tersebut merupakan kewenangan Pelindo.

“Jadi sekarang tinggal bagaimana baiknya antara Pelindo dengan mereka yang ada di sekitarnya  dan masyarakat jangan paksakan kehendak terhadap Pelindo karena yang punya tanah itu Pelindo, walaupun masyarakat sudah bertahun-tahun tinggal di situ  tidak masalah karena tidak melihat lamanya namun melihat pada status legalitas tanahnya yang sudah dari tahun 1960an sampai dengan reklamasi pantai pun milik Pelindo,”jelasnya kepada wartawan, Selasa (15/10).

Sementara itu, General Manager PT Pelindo IV Sorong, Raflin mengatakan, terkait dengan tuntutan warga pihaknya menunggu arahan dari Pemerintah Kota Sorong dan dari hasil pertemuan akan dilanjutkan dengan survei lokasi yakni jalan tersebut.”Jadi jalan yang mau ditutup itu disamping kantor PT Pelindo IV Sorong.” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator dari masyarakat, Samuel Korwa, mengatakan, pada intinya masyarakat tidak menghambat kegiatan PT Pelindo IV dalam perkembangan kawasan Pelabuhan namun karena di sekitar pelabuhan ada pemukiman masyarakat hanya meminta akses jalan tembus ke jalan utama, A. Yani apabila akses jalan yang selama ini mereka lewati akan ditutup.

“Jadi rencana Pelindo mau tutup semua jalan ke belakang lalu memanfaatkan tempat itu untuk Pelabuhan kami terima namum kita cuma minta kalau bisa itu ada akses jalan untuk warga masyarakat yang ada di belakang kantor Pelindo,” ujarnya 

Jika akses jalan yang sudah sekian tahun dilalui masyarakat mau ditutup, sambungnya masyarakat meminta agar akses jalan lainnya dibuka disamping kantor Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Sorong. “Jadi pada pertemuan kali ini kami membahas akses jalan baru yang akan dibuka. Jika PT Pelindo IV Sorong akan menutup akses jalan di samping  kantor mereka dan kami pun telah menyerahkan kepada Pemerintah Kota Sorong karena sudah menjadi kewajiban pemerintah melindungi masyarakat,”pungkasnya

Dalam pertemuan tersebut, disepakati akan dilakukan tinjauan oleh Pemerintah Kota Sorong, Rabu (16/10) hari ini.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed