oleh

Warga Diimbau Waspada Cuaca Buruk

-Metro-382 views

BMKG: Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Terjadi 2-3 Hari

SORONG – Prakirawan BMKG Kelas I DEO Sorong, Anang Ahmad Khairin Nur, mengatakan, BMKG Kelas I DEO Sorong telah melakukan analisis kejadian banjir di wilayah Kota Sorong pada tanggal 11 September 2021.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Sehingga dari data yang dianalisis menarik kesimpulan bahwa fenomena cuaca berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan akan terjadi hingga 2-3 hari kedepan di wilayah-wilayah Sorong dan sekitarnya,” katanya, Minggu (12/9).
Ia menjelaskan bahwa, dari Citra satelit pada saat kejadian banjir kemarin (11/9), menunjukan terbentuknya awan konvektif yang cukup besar di wilayah kejadian dan di dukung juga dengan laporan curah hujan.

“Yang tercatat di penakar hujan di Stamet DEO Sorong sebesar 105.2 mm dan penakar hujan Stageof Sorong sebesar 105.0 yang masuk dalam kategori hujan ekstrem,” ­jelasnya.
Ia mengungkapkan, pola angin bedasarkan pengamatan dari peta angin menunjukan adanya pola pumpunan masa udara (konvergensi) di sekitar wilayah Kepala Burung di Papua Barat, dan berdasarkan peta Sea Surface Temperature (SST) menunjukan suhu muka laut yang hangat yang mendukung pertumbuhan awan konvektif di daerah tersebut.

“Jadi apat disimpulkan hujan yang terjadi akibatkan faktor lokal yang sangat ­kuat di wilayah tersebut,” ujarnya.
Sebelumnya, ia juga menambahkan bahwa Stasiun Meteorologi kelas I DEO Sorong telah mengeluarkan peringatan dini (warning) cuaca ekstrem pada jam 13.30 WIT hal ini didukung adanya peta dari citra Radar Cuaca terbaru menujukan adanya awan konvektif pada pukul 13.30 WIT, kemudian peringatan dini diupdate pada pukul 17.00 WIT dan pukul 19.30 WIT dengan memperhatikan citra Radar Cuaca dan citra Satellit, serta telah didesiminasikan melalui media sosial (WA dan Facebook).

“Masyarakat diimbau tetap waspada terhadap cuaca hujan sedang hingga lebat yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir dan tanah longsor,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed