oleh

Warga Binaan Lapas Kaimana Terima Remisi

-Sorong Raya-813 views

KAIMANA – Sebanyak empat belas (14) warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas III Kaimana, menerima pengurangan masa tahanan atau remisi dari Kemeneterian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Penerimaan remisi ini diberikan dalam rangka HUT RI yang Ke – 74 tahun 2019. 

Pemberian remisi kepada para tahanan ini langsung diserahkan, oleh Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma, secara simbolis kepada 14 Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kaimana, Sabtu (17/8).

Turut hadir dalam apel pemberian remisi ini, Wakil Bupati Kaimana, Kapolres Kaimana, Dandim 1804 Kaimana, Kepala Kejaksaan Kaimana, Kepala Pengadilan Kaimana, Sekda dan Seluruh Pimpinan OPD di Lingkup Pemda Kaimana.

Pemberian remisi terhadap 14  warga binaan ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kemenkumham dengan Nomor : PAS-984.PK.01.01.02 Tahun 2019 tentang Pemberian Remisi Umum Tahun 2019. 

Dari ke empat belas warga binaan yang mendapatkan Remisi, Satu warga binaan yang terjerat kasus Perlindungan Anak mendapatkan remisi paling tinggi yakni 4 bulan. Sementara untuk 6 warga binaan lainnya yang juga,  terjerat kasus hukum yang sama menerima remisi bervariasi, yakni ada yang 3 bulan, 2 bulan dan 1 bulan.

Warga Binaan lainnya yang juga turut mendapatkan Remisi adalah Narapidana Kasus Kehutanan 2 bulan, Narkoba 2 bulan, Pelanggaran Lalulintas 2 bulan, Kesusilaan 3 bulan, serta Penganiayaan, Pembunuhan, dan Pencurian masing-masing 1 bulan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Kaimana Manuel Yanusi kepada wartawan, usai pemberian remisi mengaku jika tak semua warga binaan yang ada di Lapas Kaimana mendapatkan remisi karena mereka belum memenuhi persyaratan yang ada.

“Ada yang tidak memenuhi syarat karena menjalani masa tahanan belum sampai dengan 6 bulan. Artinya, kalau sudah ada keputusan hukum dan dia jalani sudah enam bulan berarti dia punya hak untuk mendapatkan remisi,” Jelasnya

Dikatakan, Kalapas walau mendapatkan remisi namun tak ada satu pun warga binaan yang langsung bebas maupun bebas bersyarat. Namun menurutnya, ada satu warga binaan yang surat pembebasan bersyaratnya, sudah diterima namun akan bebas bersyarat dalam 3 bulan mendatang,

“Ada satu Narapidana Wanita yang sudah ada surat Pembebasan bersyarat bulan oktober, sehingga kali ini dia tidak mendapatkan remisi,” katanya. ( fat )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed