oleh

Wania Kembali Masuk Zona Merah Covid -19

-Metro-56 views

Kepala Distrik Wania, Rickard Wakum meminta pelaku usaha Tempat Hiburan Malam (THM)  yang beroperasi  di sana, agar betul-betul mematuhi protokol kesehatan. 

Kata dia hal  itu harus betul-betul diterapkan, mengingat meski ada kebijakan untuk pelahu usaha THM di new normal tahap keempat ini, namun perlu diketahui, bahwa Distrik Wania saat ini sudah kembali masuk kategori zona merah penyebaran Covid-19.

“Meski saat ini sudah memeasuki new normal tahap keempat namun penyebaran Virus Corana (Covid -1) masih ada. Bahkan di Distrik Wania sudah kembali ke zona merah penyebaran Covid-19. Maka minta pelaku usaha harus memperhatikan hal ini,” kata Kadistrik Richard kepada Radar Timika saat ditemui di kantornya, Senin ( 7/9).

Ia menuturkan, meski ada kebijakan dengan adanya kelonggaran untuk tempat hiburan malam beroperasi, namun pelaku usaha harus betul-betul memperhatikan protokol kesehatan, baik untuk pekerja maupun bagi orang yang mendatangi tempat tersebut.

Ia mengakui, memang pengaktifan kembali aktivitas THM dinilai perlu untuk dilihat kembali, karena apabila pengunjung sudah dalam pengaruh minuman keras atau mabuk, maka akan sangat mustahil untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami dari distrik ke depannya akan lakukan pengawasan yang ketat. Kita bicara yang realistis saja, kalau diterapkan protkol kesehatan di semua THM. Saya rasa itu tidak akan efektif, karena apabila orang sudah dalam pengaruhi minuman dan mabuk, pasti akan susah untuk mengendalikan diri. Kami minta ini yang perlu dievaluasi lagi,” tegasnya.

Ia malah mempertanyakan, kenapa yang dibuka tidak diprioritaskan seperti sekolah dan serta fasilitas umum lainnya.

“Kami akan lakukan pengawasan ke depannya. Kalau misalkan kami temukan ada yang tidak patuh protokol kesehatan, maka kami akan laporkan itu ke pimpinan tertinggi. Dan disertai dengan dokumentasi dan bukti lainnya kami akan melapor ke sana,’ tuturnya.

Ia menjelaskan, sekarang dari tim pokja sudah ada keringangan untuk pelaku usaha ini, mestinya pelaku usaha juga harus menerapkan hal-hal apa yang disampaikan oleh tim pokja kabupaten.

“Kemarin malam  itu ada pengecekan protokol kesehatan di sejumlah THM termasuk yang ada di Wania ini. Saya kira itu sangat baik. Hanya saja saya berharap, agar tim pokja dapat mengevaluasi lagi terkait kebijakan ini,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau kepada semua pelaku usaha THM maupun usaha lainnya yang ada di wilayah Distrik Wania, wajib mematuhi protokol kesehatan. Baik bagi pekerja maupun siapapun yang datang ke tempat tersebut. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed