oleh

Wali Kota: WTP Tidak Jatuh dari Langit

-Metro-83 views

SORONG-Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Sorong tahun 2020 dalam penilaiannya oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) sesuai dengan prinsip akuntansi. Membuat Pemerintah Kota Sorong kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Setelah tahun 2019 juga mendapatkan opini WTP.

“WTP tidak akan jatuh dari langit. Tapi WTP itu dinilai berdasarlan kriteria. Yang ada pada BPK, ada 3 tingkatan. Ada WTP, ada WDP dan Disclaimer,” ujar kata Wali Kota Sorong Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM, Rabu (6/2).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Dikatakannya bahwa ada daerah yang benar-banar dapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Tapi ada juga daerah yang dapat WTP yaitu Wajar Tanpa Pembangunan. “Orang bertanya loh daerah lain dapat WTP kok pembangunannya dimana. Itu kan kembali kepada kami masing-masing menilai. Kami dapat WTP dari apa yang kami buat,” katanya.

“Itu sudah berprestasilah. Ini mungkin saya tinggal selangkah lagi. Semoga di tahun 2022 untuk pelaksanaan APBD di 2021 mudah-mudahan samalah. Jadi semuanya akan berakhir. Akan saya tinggalkan pada wali kota yang baru. Terima kasih kepada pak sekda, terima kasih kepada pimpinan OPD terkait yang membantu saya. Terutama pak inspektur, kepala BPKAD yang membantu saya untuk menyelesaikan saya dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan hasil audit BPK,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat Arjuna Sakira, SE,MM,Ak mengatakan, Pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah yang didasarkan pada kriteria. Pertama adalah kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“BPK RI telah melaksanakan semua prosedur. Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2020. Dalam laporan pemeriksaan LKPD telah diserahkan kepada Pimpinan DPRD sebagai lembaga legislatif dan Wali Kota sebagai lembaga eksekutif. Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK dapat disimpulkan bahwa penyusunan LKPD Kota Sorong tahun anggaran 2020 telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah dan tidak terdapat ketidakpatuhan. Dengan demikian maka BPK menyimpulkan opini atas laporan keuangan pemerintah Kota Sorong adalah Wajar Tanpa Pengecualian,” tegasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed