oleh

Wakasad Semangati Prajurit Kodim Persiapan

MANOKWARI – Wakil Kepala Staf TNI ­Angkatan Daerah (Wakasad) Letjen TNI Moch. ­Fakhrudin berkunjung di Manokwari, Senin (13/7). Dia melakukan pertemuan dan menye­mangati 411 prajurit Satuan BKO Kodim Persiapan sebelum digeser di tempat tugas baru.

Tatap muka Wakasad ­dengan para prajurit Kodim Persiapan digelar di aula Makodam XVIII/Kasuari, dihadiri Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, Kasdam  Brigjen TNI Ferry Zein, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selfanus, para Kabalak serta perwira lainnya. ­Ruangan aula dipadati prajurit. Protokol kesehatan tetap dipatuhi. Semua prajurit memakai masker serta tempat duduk dibuat jarak.

Wakasad mengapresiasi kesiapan 411 prajurit untuk melaksanakan tugas di Kodim Persiapan di kabupaten di wilayah Papua Barat. Penempatan Satuan BKO ini merupakan cikal bakal pembentukan Kodim dan Koramil baru. Sebelum ditugaskan ke Kodim Persiapan, para prajurit yang berasal dari berbagai Kodam ini telah mengikuti pem­bekalan, sehingga diharapkan telah mengetahui situasi dan kondisi di tempat tugas, serta apa saja akan dilaksanakan.

Wakasad memberi ­gambaran bahwa situasi kamtibmas di wilayah Kodam XVIII/Kasuari aman dan kondusif, berbeda dengan di Provinsi Papua yang masih ada kelompok orang melakukan aksi-aksi penyerangan terhadap aparat keamanan. “Wilayah Kodam XVIII/Kasuari ini aman dan kondusif. Memang masih ada pergerakan-pergerakan ­tetapi itu di wilayah tetangga kita (Prov Papua). Masih ada kelompok yang berjuang,” ujar Wakasad.

Pangdam melaporkan sebanyak  411 orang personel Satuan BKO Teritorial Kodim Persiapan gelombang III ­tahun2020 dari berbagai ­Kotama yaitu : Kodam I/Bukit Barisan 59 orang, Kodam II/Sriwijaya 40 orang, Kodam III/Siliwangi 42 orang, Kodam IV/Diponegoro 56 orang, ­Kodam V/Brawijaya 62 orang, Kodam VI/Mulawarman 22 orang, Kodam IX/Udayana 19 orang, Kodam XII/Tanjung Pura 13 orang, Kodam XII/Merdeka 22 orang, Kodam XIV/Hasanuddin 22 orang, Kodam Jaya 30 orang dan Kodam Iskandar Muda 24 orang. Para prajurit terdiri dari perwira 49 orang, bintara 234 orang dan tamtama 128 orang. 

Sebelumnya, prajurit BKO Kodim Persiapan telah mendapat materi pembekalann  selama 14  hari  di tangggal 2-15 Juli 2020 bertempat di aula Makodam XVIII/Kasuari dan aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Manokwari. Personel Satuan BKO Teritorial ini akan ditugaskan di wilayah 1 Kodim organik dan 6 Kodim persiapan yaitu Kodim  1806/Teluk Bintuni sebanyak 59 orang, Kodim Persiapan Sorong Selatan 59 orang, Kodim Persiapan Maybrat 59 orang, Kodim Persiapan Tambraw 59 orang, Kodim Persiapan Manokwari Selatan 58 orang, Kodim Persiapan Pegunungan Arfak (Pegaf) 58 orang dan Kodim Persiapan Teluk Wondama 59 orang. “Keenam Kodim Persiapan tersebut merupakan cikal bakal kodim organik di jajaran Kodam XVIII/Kasuari,” jelas Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed