oleh

Wacanakan Kabsor Ibukota PBD

Sanusi : Kalau PBD Terbentuk, Ibu Kotanya Tidak Boleh Geser dari Kabsor

AIMAS – Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, M. Sanusi Rahaningmas mengatakan, jika pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya (PBD) nantinya terealisasi, maka ibu kota provinsinya harus di Kabupaten Sorong. Hal tersebut dikarenakan dirinya ­melihat ada potensi yang dimiliki Kabupaten Sorong yang dianggap layak untuk menjadi ibu kota provinsi.

“Kalau PBD terbentuk, maka ibu kotanya tidak boleh geser dari Kabupaten Sorong. Daerah ini sangat potensial untuk dijadikan ibu kota karena secara geografis lokasinya strategis, masih banyak lahan kosong yang nantinya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan provinsi itu sendiri,” kata Sanusi yang ditemui wartawan usai mengikuti kegiatan KAHMI, Rabu (13/4).

Kendati PBD belum masuk prioritas untuk dimekarkan menjadi DOB, namun sebagai wakil rakyat, Sanusi tetap memperjuangkan hal tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya di DPD RI. Mantan anggota DPRD Papua Barat ini mengatakan, saat ini empat komite di DPD RI sedang berjuang untuk mewujudkan harapan masyarakat yang menginginkan pemekaran PBD.

“Kami di dewan terus mendorong terbentuknya PBD sesuai dengan apa yang jadi harapan masyarakat sejak 12 tahun silam. Mengapa kami mendukung, karena motto kami adalah dari daerah untuk Indonesia. Nanti  jika PBD benar-benar terwujud, secara otomatis akan memperpendek rentang kendali pemerintahan sehingga memberikan kesejahteraan dan kemaslahatan untuk masyarakat di daerah tersebut,” ­jelasnya.

Dia menegaskaan, empat komite DPD RI mendukung pemekaran PBD tidak dilakukan untuk kepentingan pribadi, melainkan menjadi keinginan besar masyarakat ketika daerah otonomi tersebut terbentuk tidak ada daerah lain yang memiliki potensi untuk menjadi ibukota provinsi selain Kabupaten Sorong.  “Saya tegaskan bahwa saya bersama 4 komite yang ada mendukung pemekaran PBD itu bukan untuk kepentingan pribadi, itu murni harapan masyarakat dan itu sudah sejak lama diperjuangkan sehingga sebagai wakil rakyat tugas kami adalah mendorong. Yang jelas seperti yang saya katakan sebelumnya,  jika PBD terbentuk, Kabupaten Sorong tetap prioritas menjadi ibu kota provinsinya,” pungkasnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed