oleh

Wabup Kaimana Resmikan Pasar Coa

-Sorong Raya-893 views

KAIMANA-Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos akhirnya meresmikan Pasar Coa yang dibangun sejak tahun 2016 silam. Peresmian pengoperasiannya baru dilaksanakan Kamis (17/10/2019). Hadir dalam peresmian tersebut, Assisten II Setda Kaimana, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kaimana dan beberapa kepala OPD lainnya. Kemudian, turut dihadiri oleh penjual dipasar tradisional tersebut.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kaimana Agustinus Janoma, SE mengatakan sesungguhnya pembangunan pasar Coa, serta beberapa pasar lainnya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan bantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Selain itu menurut Janoma, pada hari ini selain pasar Coa ada dua pasar yang secara resmi pengoperasianya dimulai yakni pasar yang berada di Kawasan Air Tiba.
“Bapak wakil Bupati dapat kami laporkan bahwa, pasar Coa ini telah dibangun dari tahun 2016 namun pelaksanaanya baru kami laksanakan di tahun 2019 ini. Selain itu terkait dengan penggunaan dana DAK ini, kami terus dipantau. Hasil pertemuan yang kami ikuti, setiap pasar yang telah dibangun harus diaktifkan,”Jelasnya. Dalam sambutannya juga lelaki berkacamata ini mengatakan, jika meja jualan atau lapak pedagang yang ada di pasar Coa ini semula hanya berjumlah 48. Namun dari hasil pertemuan dengan para pedagang yang akan berjualan di pasar Coa ini, jumlahnya melebihi lapak atau meja jualan ini. Sehingga pihaknya harus mencari solusi untuk, bisa menampung para pedagang yang ada.
“Saya mau sampaikan meja jualan yang tersedia di dalam ini, (Pasar,red) hanya berjumlah 48 meja. Namun setelah kami melakukan rapat dengan, bapak ibu pedagang ternyata jumlah pedagang sangat tinggi (banyak,red) sekali hampir mencapai 100 orang. Akhirnya mau tidak mau kita pecahkan dia, akhirnya dapat 87 meja. Sedangkan untuk jumlah sisanya akan kami upayakan kemudian,”ujarnya.
Sementara itu, Assisten II Setda Kaimana Tahmid Husein hadir mewakili pemerintah daerah Kabupaten Kaimana, dalam sambutannya mengatakan memberikan apreasiasi atas apa yang telah dilakukan oleh dinas Perindagkop Kaimana ini. “Mewakili pak bupati dan pak wakil bupati, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada dinas perindagkop. Sehingga kami berharap para pedagang di pasar ini, dapat menggunakannya serta menjaganya dengan baik. Karena ini merupakan bagian dari cita – cita pemerintah daerah, untuk meningkatkan IPM di Kaimana,”katanya. Setelah acara pembukaan dan sambutan, Wakil Bupati Kaimana didampingi Assisten II, para kepala OPD melakukan pemotongan pita tanda diresmikannya pasar Coa. Setelah diresmikan, wakil bupati, beserta undangan lainnya berkesempatan berbelanja di pasar yang baru diresmikan tersebut. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed