oleh

UU Pers, UU ITE, dan Kode Etik Jurnalistik Disosialisasikan

-Metro-634 views

AIMAS- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya menggelar Sosialisasi Undang-undang (UU) pers, Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dan Kode Etik Jurnalistik di Gedung Aimas Convention Centre (ACC) Kabupaten Sorong, Kamis (10/10) yang didukung oleh SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku (Pamalu) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) yang beroperasi di Provinsi Papua Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong dan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS). 

Ketua PWI Sorong Raya, Lexy Sitanala dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan SKK Migas Pamalu, Pemkab Sorong, dan LPDS yang telah mendukung kegiatan tersebut. kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menyatukan seluruh media di Sorong Raya baik yang tergabung dalam organisasi ataupun yang belum. 

Dalam kesempatan tersebut, Lexy turut meminta dukungan kepada Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,S.H.,M.Si dalam rencana pembangunan gedung kantor yang dapat dijadikan sebagai wadah bagi seluruh wartawan di Sorong Raya. “Kami ini tidak memiliki rumah, untuk itu saya berharap dukungan dari Bupati Sorong dalam pembangunan rumah bagi kami, tidak hanya untuk PWI tetapi seluruh wartawan se-Sorong Raya,” tuturnya. 

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku A. Rinto Pudyantoro dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi tersebut merupakan langkah awal sebelum program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang nantinya  akan  didukung oleh SKK Migas Perwakilan Pamalu dan Kontraktor KKS yang beroperasi di Pamalu..

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sorong menyampaikan apresiasi bagi SKK Migas dan PWI atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dari apa yang dilaksanakan dapat menjadi acuan dalam melaksanakan tugas dengan baik kedepannya.

“Sebagai Bupati Sorong, saya selalu melihat wartawan sebagai mitra dalam menjalankan kegiatan untuk pembangungan di daerah,”ujarnya. 

Kehadiran wartawan menurutnya dapat memberikan masukan ataupun kritik untuk pembangunan di Kabupaten Sorong, adapun rencana pembangunan tempat untuk wartawan se-Sorong Raya menurutnya hal yang baik.

“Saya tidak janji, tapi dalam prosesnya saya tetap mendukung pembangunan tersebut bagi wartawan,” ucapnya. 

Adapun sosialisasi UU Pers, ITE, dan Kode Etik Jurnalistik menghadirkan sejumlah pembicara dengan beragam topik, diantranya narasumber dari LPDS Hendrayana,S.H.,M.H dengan materi Pengenalan Etika Jurnalisme dan Hukum Perlindungan Pers, Priyambodo RH dengan materi Pentingnya UKW untuk Wartawan Indonesia Beserta Persyaratannya dan A. Ari Wibowo dengan materi Peliputan dan Penulisan Berbasis Data dan Fakta. 

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Matias Krey, S.IK turut memberikan materi yakni, Implementasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Pamalu Galih W. Agusetiawan tentang Update Industri Hulu Migas dan Kompetisi Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2019. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed