oleh

UT Raih 3 Rekor MURI Sekaligus

SORONG – Puncak perayaan Dies Natalis ke-37, Universitas Terbuka (UT) berhasil meraih tiga Rekor MURI sekaligus. Penghargaan MURI menjadi hadiah paling istimewa pada perayaan usai ke-37 UT. Rekor MURI pertama didapatkan atas penghargaan UT sebagai perguruan tinggi dengan alumni terbanyak. Pada saat pengumuman MURI, jumlah alumni UT tercatat sebanyak 1.847.714 orang.

Rekor MURI kedua didapatkan atas penghargaan UT sebagai perguruan tinggi dengan jangkauan dan layanan terluas. Jumlahnya sebanyak 514 kota/kabupaten yang tersebar di 48 negara di dunia. Rekor MURI ketiga didapatkan atas penghargaan UT sebagai perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak yang lolos seleksi CPNS formasi 2019. Jumlah lulusan UT yang lolos seleksi CPNS pada tahun 2019 tercatat sebanyak 138.791 orang.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Founder MURI, Jaya Suprana mengatakan, dirinya sudah sejak lama mengagumi UT sebagai pelopor perguruan tinggi terbuka yang memberikan pelayanan pendidikan jarak jauh. “Jauh sebelum bangsa ini belajar tentang pendidikan online, saya sudah mengagumi UT. Maka sebagai pelopor perguruan tinggi terbuka dan pendidikan jarak jauh di Indonesia, UT juga menjadi mega univercity dengan jumlah mahasiswa, alumni, tutor dan jangkauan terluas di Indonesia bahkan Asia. Semoga dengan pemecahan tiga rekor MURI di tahun ini akan semakin menegaskan pengakuan dan kepercayaan masyarakat terhadap UT,” ujar Jaya Suprana.

Ketua Senat UT, Prof. Dr. Chanif Nurcholif,Msi berharap, dengan segala prestasi yang diraih, UT akan semakin jaya dan semakin berkontribusi secara masif dalam dunia pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan terbuka jarak jauh yang berkualitas dunia. “Indikatornya, lulusannya mempunyai kompetensi dan manajemennya yang setara dengan lulusan distance learning di seluruh dunia. Adapun visi misi program kerja rektor 2021-2025 yakni memperkokoh kewibawaan Akademik dan menciptakan satu digital learning ekosistem,” ujarnya.

Mendikbud RI, Nadiem Makarim UT juga berterimakasih kepada UT yang selama ini telah berperan penting dalam upaya pemerataan pendidikan melalui sistem pembelajaran jarak jauh. “Seiring perkembangan zaman, UT turut berkembang menyediakan pendidikan yang tidak dibatasi oleh ruang kelas. Pembelajaran jarak jauh yang dulu belum banyak dikenal, kini menjadi familiar,” kata Mendikbud. 

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai UT adalah pioner dalam pembelajaran jarak jauh pada tingkat perguruan tinggi. UT juga telah memberikan layanan pendidikan tinggi yang terjangkau dan fleksibel bagi seluruh masyarakat di tanah air selama empat dasawarsa. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed