oleh

Usul Bangun Tugu Boas dan J.P. Solossa

SORONG – Ketua Umum Persipura Jayapura yang juga adalah Walikota Sorong, Dr. Benhur Tommy Mano,MM (BTM) sangat mengapresiasi dua sosok putera terbaik Maybrat yang telah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan pembangunan peradaban orang Papua. Kedua tokoh penting tersebut  adalah Mantan Gubernur Papua, almarhum Dr. J.P Solossa,M.Si dan Kapten Persipura Jayapura, Boas ­Solossa. 

 Saat diwawancarai di lobi Hotel Vega Kota Sorong, (29/5) lalu, orang nomor satu di Kota Jayapura itu menjelaskan bahwa pejabat pdaerah saat ini bisa menjadi tuan di daerahnya, rakyat bisa mendapat sentuhan pembangunan dari dana otonomi khusus (Otsus) itu karena ada sosok penting dibalik hadirnya Otsus yakni mantan Gubernur Papua, Almarhum J.P Solossa. 

PMB OPBJJ-UT Sorong

 “ Beliau (almarhum J.P. Solossa) adalah orang pertama yang berusaha Otsus itu ada di Tanah Papua, dengan adanya Otsus itu Rakyat Papua bisa membangun dirinya menuju kesejahtetaan diberbagai sektor kehidupan,”tandas BTM (Benhur Tommy Mano)

 Yang kedua adalah Kapten Persipura Jayapura, Boas Sollosa. Boas Solossa, lanjut BTM, merupakan salah satu putra terbaik asal tanah Maybrat yang mengangkat harkat dan martabat orang Papua lewat sepak bola. “ Beliau (Boas Solossa) ini sangat mencintai Papua, walaupun ada tawaran dari luar negeri dan juga tim- tim liga Indonesia tapi dia punya hati ini untuk tanah Papua,” tukas BTM sembari menambahkan bahwa Boas merupakan salah satu sosok legenda sepak bola Papua yang namanya akan terus dikenang sepanjang sejarah sepak bola di Tanah Air.

 Karenanya ,sebagai bentuk apresiasi kepada dua sosok putra terbaik asal bumi A3 Maybrat itu, pihaknya berencana jika  Tuhan berkehendak untuk diberi jabatan yang lebih tinggi sebagai orang nomor satu di Papua maka kedepan salah satu agenda pemerintah yang akan dikerjakannya adalah membangun dua tugu yakni tugu JP Solossa dan tugu Boas Solossa.

 “Kedepan saya usulkan supaya kedua tokoh ini dibangun tugu mereka karena telah berkontribusi dalam sejarah peradaban orang Papua,” tandasnya Kepada Radar Sorong.

Tidak hanya membangun tugu Boas dan alm JP Solossa, BTM juga mengatakan perlu diperingati Hari Otonomi Khusus  bagi rakyat Papua.  Hal ini perlu disampaikannya karena faktanya saat ini begitu banyak pendistribusian kewenangan yang diberikan termasuk anggaran yang begitu besar diberikan kepada pemerintah dan rakyat Papua, walaupun sampai saat ini Otsus belum sepenuhnya mensejahterakan rakyat Papua sebagaimana yang diharapkan. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed