oleh

Urusan di Polres Bawa Kartu Vaksin Masih Rencana

SORONG-Beredar luas pengumuman pemberitahuan dari Polri kepada masyarakat yang ingin mengurus maupun berurusan dengan pihak kepolisian harus menyertakan kartu vaksin Covid-19. Dalam pemberitahuan tersebut, bertuliskan bagi masyarakat yang akan mengurus SIM, SKCK, Laporan Polisi, Laporan Pengaduan, Laporan Kehilangan, wajib membawa dan menunjukkan Kartu Vaksin Covid-19.

Mempertanyakan pemberitahuan tersebut, Kapolres Sorong Kota Ary Nyoto Setiawan, S.Ik.,MH membenarkan, hanya saja saat ini Polres Sorong Kota masih belum menerapkan imbauan tersebut. Karena, harus dirundingkan atau dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Bukan hanya di kami saja, tetapi di Dukcapil juga akan menerapkan pola yang sama dan kami dengan pelayanan SIM dan SKCK agar biar imbang,”jelasnya kepada awak media, Kamis (1/7).

Diakui Kapolres Sorong Kota, penerapan tersebut juga demi masyarakat. Hanya saja saat ini masih berupa perencanaan ke depan.”Bukan hanya pemerintah saja kami pun juga akan memberikan pelayanan yang sama. Saat ini akan kami masih membicarakan dulu,”pungkasnya.

Sementara itu, untuk di Polres Sorong, saat dikonfirmasi Radar Sorong, Kapolres Sorong AKBP Robertus Alexander Pandiangan, S.IK, MH menegaskan bahwa saat ini kepengurusan surat-surat dari kepolisian seperti SKCK, SIM, LP, dan sebagainya masih belum membutuhkan sertifikat vaksinasi.

Kapolres mengakui bahwa saat ini pihaknya memang sedang menggenjot program vaksinasi. Namun sejauh ini, program tersebut masih sebatas dukungan Polres Sorong kepada Pemerintah Kabupaten Sorong untuk menekan penyebaran virus tersebut.

“Vaksinasi memang kami kejar, tapi kami sendiri belum menetapkan persyaratan sertifikat vaksin untuk pengurusan SIM, SKCK, LP, dan surat-surat lainnya. Vaksinasi kami kejar untuk mendukung program pemerintah sebagai health immunity,” ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, jika instansi kepolisian di daerah lain menerapkan aturan tersebut, mungkin saja hal tersebut adalah kebijakan di masing-masing daerah. Yang jelas, Polres Sorong sendiri belum menerapkannya.

“Kalau ada informasi yang beredar demikian di daerah lain, kemungkinan itu adalah kebijakan masing-masing daerah juga. Tetapi kalau kami sendiri belum memberlakukan itu sampai sekarang. Persyaratan pengurusan dokumen kepolisian masih normal, sama seperti sebelumnya dan belum membutuhkan sertifikat vaksinasi. Namun, memang progres dari vaksinasi masih terus kita kejar,”tandasnya.(juh/ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed