oleh

UPP Kelas III KaimanaTingkatkan Protokol Kesehatan

Pasien Covid-19 di Kabupaten Kaimana terus meningkat, data resmi yang diperoleh, tercatat saat ini 15 pasien sementara menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Kaimana, dengan total penderita 19 orang.
Meningkatnya pasien Covid-19, membuat pihak Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pelabuhan laut Kaimana meningkatkan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 terhadap penumpang kapal laut yang baru tiba di ­Kaimana.
Peningkatan protokol kesehatan tersebut meliputi pengukuran suhu badan penumpang dengan alat standar nasional, juga dilakukan penyemprotan ­desinfektan, cuci tangan serta mewajibkan ­penumpang menggunakan memakai masker.
“Di terminal penumpang kami siapkan tempat cuci tangan, jadi sebelum mereka masuk harus mencuci tangan dulu, sesudah itu, dilakukan suhu badan dan selanjutnya ­penumpang bisa masuk di terminal. Di terminal penumpang juga, duduk juga kita atur jaraknya,” jelas kepala UPP kelas III Kaimana Farid, kepada wartawan di Pelabuhan Kaimana, Minggu (25/6).
“Begitupula bagi ­penumpang yang turun dari kapal, kita diatur jaga jarak dan harus ­ditunjukan surat masuk kepada petugas, jadi memang protokol kesehatan telah menjadi ­perhatian serius kami, agar para ­penumpang yang turun maupun naik itu benar-benar bebas dari Covid-19,”­tuturnya.
Penerapan protokol kesehatan kata Farid, semenjak adanya wabah virus Corona yang melanda tanah air, hingga saat ini telah dilakukan pihaknya. Selain itu menurutnya, petugas lapangan ketika berdinas saat masuk kapal tetap menggunakan APD standar sesuai petunjuk protokol kesehatan.
“Untuk petugas ­dilengkapi dengan APD standar protokol ­kesehatan. Untuk ­kedatangan kapal ­penumpang kami batasi untuk pengantar dan pengunjung, untuk masuk ke terminal tunggu maupun ke dermaga,” tegasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed