oleh

Unimuda Launching English Center

AIMAS – Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong merilis program Unimuda English Center, Senin (14/6). Program ini merupakan pusat pembelajaran Bahasa Inggris yang dimiliki oleh Unimuda Sorong bagi para mahasiswanya.

Program tersebut lahir dari gagasan Rektor Unimuda Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si saat dirinya tahu betapa sulitnya orang Indonesia untuk bekerja di luar negeri hanya karena minimnya kemampuan berbahasa inggris mereka.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Saya pergi ke Dubai dan menginap di hotel. Saya melihat banyak orang bekerja di hotel, namun tidak melihat satu pun orang Indonesia di sana. Setelah saya tanya kepada ownernya, ternyata beliau menjawab bahwa satu-satunya kekurangan orang Indonesia yang membuat mereka sulit bekerja di luar negeri adalah karena minimnya kemampuan berbahasa Inggris,” jelas Rektor Unimuda Sorong.

Untuk itu, Rektor kemudian menggagas program ini karena dinilai sangat baik untuk menjadi wadah bagi mahasiswanya untuk intens belajar berbahasa inggris. Baginya, jika mahasiswanya banyak belajar maka bukan tidak mungkin mereka juga akan menguasi dunia dengan bermodalkan bahasa Inggris ini. Ia berharap, siapapun yang bergabung di Unimuda English Center akan menjadi akan-anak yang menguasai dunia.

Kepala LLDIKTI XIV Papua dan papua Barat, Dr Suriel S.Mofu, S.Pd, M.Ed.TEFL, M.Phil, juga sangat mengapresiasi Rektor Unimuda Sorong yang telah mengambil satu langkah baru dengan menghadirkan pusat pembelajaran Bahasa Inggris tersebut. Dikatakannya, bahwa Unimuda Sorong adalah kampus swasta pertama di Tanah Papua yang memiliki program khusus untuk pembelajaran bahasa Inggris tersebut.

“Hari ini satu momen bersejarah terjadi di Unimuda Sorong, dengan dirilisnya Unimuda English Center sebagai pusat belajar Bahasa Inggris dimana aktivitas-aktivitas didalamnya akan sangat mendukung dalam proses belajar Bahasa Inggris. Ini adalah satu pengalaman pertama, karena saya belum pernah menemukan ini di perguruan tinggi lain kecuali Uncen dan Unipa yang sudah memiliki English Language Center sejak dulu. Tapi untuk perguruan tinggi swasta pertama di tanah Papua yang punya program tersebut,” ujar Suriel Mofu.

Dirinya berharap, hadirnya Unimuda English Center juga akan menghasilkan lulusan Unimuda yang bisa berkiprah secara nasional, bahkan internasional. Ia ingin melihat suatu saat di Dubai, Amerika, Jepang, SIngapura dan di seluruh dunia akan hadir anak-anak lulusan Unimuda Sorong yang bekerja disana. Sebab, apa yang dipelajari di Unimuda English Center adalah Bahasa Inggris yang sama yang juga dipelajari oleh orang-orang di seluruh planet ini.

“Jika kita tahu Bahasa Inggris, kita tidak dapat dibatasi. Tapi kalau tidak tahu Bahasa Inggris, maka kita akan terbatas pada  berbagai hal. Oleh karena itu, mulai hari ini mari buat satu keputusan bahwa kalian akan tahu Bahasa Inggris. Apapun keadaanya saya tahu bahasa inggris, you must and you can. Anda harus dan Anda bisa,” putusnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed