oleh

Unik, Koarmada III Bagi Ratusan Paket Sembako di Tengah Laut

-Metro-134 views

SORONG– Pandemi Covid-19 di Indonesia memberi dampak luar biasa bagi perekonomian rakyat, khususnya bagi para nelayan tradisional. Peduli dengan kondisi tersebut, Komando Armada (Koarmada) III bersinergi dengan Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong, TNI /Polri, Bank BNI dan Bank Mandiri Sorong membagikan ratusan paket sembako kepada nelayan yang berdomisili di Pulau Arar, Kabupaten Sorong, yang terdampak pandemi Covid-19, Selasa (30/6).

Aksi sosial kemanusiaan yang bertajuk TNI AL peduli dampak Covid-19 di wilayah Koarmada III, digelar di tank deck KRI Teluk Lada-521 yang lego jangkar di perairan Laut Arar, Sorong. Acara ini dihadiri Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah.

Dalam kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sorong, dr. Pahimah Iskandar, Komandan Pasmar 3, Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Danlantamal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, Dandim 1802 Sorong, Letkol Inf Budiman serta sejumlah pejabat Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong. 

Kegiatan dengan tema TNI AL melaksanakan bakti sosial Tahun 2020 di wilayah kerja Koarmada III dalam rangka penanggulangan bencana non alam penyebaran dampak Covid-19, dihadiri sekitar 300 perahu tradisional dan 500 nelayan yang tinggal di Pulau Arar. Para nelayan menjadi sasaran utama kegiatan TNI AL peduli dampak Covid-19 ini yang dikoordinir langsung Aspotmar Koarmada III Kolonel Marinir Budiarso, S.E.

Namun, sebelumnya, Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan Nelayan di atas KRI Teluk Lada-521 yang didampingi oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Bertiana Dadi Hartanto.

Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), menjelaskan bahwa pihaknya menyalurkan 600 paket sembako. Dengan menyasar para nelayan yang ada di wilayah pesisir Pulau Arar yang berdekatan dengan markas Koarmada III yang baru. 

“Dipilihnya Pulau Arar, sebab  Pulau Arar sebagai wilayah pembinaan potensi maritim kami. Dan ini juga merupakan bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap masyarakat nelayan yang terdampak Covid-19,”jelasnya kepada awak media, kemarin.

Pangkoarmada juga menambahkan bahwa, kegiatan bakti sosial ini sebagai media silaturahmi dan kepedulian TNI AL dalam membantu masyarakat nelayan Pulau Arar, akibat dampak Covid-19. Hal ini merupakan aplikasi nyata panggilan tugas prajurit TNI AL dalam memberikan manfaat dan kontribusi pada pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah kerja Koarmada III. 

Terkait permintaan para nelayan agar Koarmada III turut menjaga laut dari gangguan yang tidak bertanggung jawab, Pangkoarmada III menyanggupinya, karena hal tersebut sudah merupakan tugas TNI AL untuk menjaga keamanan laut. Pangkoarmada juga berterima kasih atas informasi dari nelayan, sehingga pihaknya akan menindak lanjuti informasi tersebut.

Sementara itu, perwakilan nelayan, Ketua Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam), Ahmad Saka mengatakan, semua warga yang tinggal di  Pulau Arar mata pencariannya adalah nelayan. Oleh karena itu kegiatan ini sangat bermanfaat, sehingga seluruh masyarakat mendukung TNI Angkatan Laut dalam menjaga laut khususnya perairan Arar, kami berharap TNI AL semakin jaya di tanah Papua,” katanya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed