oleh

UMS Peringati Milad Muhammadiyah

-Metro-364 views

SORONG – Milad (hari lahir) Muhammadiyah ke-107 pada tanggal 18 November diperingati oleh seluruh civitas akademik Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS) bersama dengan seluruh lembaga-lembaga dibawah naungan Muhammadiyah. Rangkaian Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 27 November dan puncaknya pada 30 November.

Menurut Rektor UMS, Dr. H. Hermanto Suaib, MM, acara ini merupakan agenda tahunan yang sudah rutin selalu dirayakan, dari apa yang dilakukan juga instruksi langsung dari pimpinan Muhammadiyah Pusat kepada masing-masing daerah.

“Untuk acara ini kami tidak ada persiapan khusus, karena sudah biasa. Ini sudah sering kami adakan setiap tahun. Lagi pula, sudah ada tim-tim dari kelompok mahasiswa yang membantu. Jadi saya rasa tidak ada persiapan istimewa,” terangnya.

Serangkaian kegiatan dalam perayaan milad kali ini lebih didominasi dengan kegiatan sosial seperti lomba mewarnai dan paduan suara pada 27 November, dilanjutkan dengan kegiatan jalan santai dari Km 10 dan finish di kampus UMS. Sepanjang kegiatan jalan santai juga diiringi dengan penampilan drum band, setelah finish di kampus UMS, masih ada lagi kegiatan pembagian doorprize dan donor darah.

Dalam kegiatan donor darah, UMS bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) Sele Be Solu.  Sebanyak 7 orang tenaga medis membantu dalam kegiatan ini. Kelengkapan alat, bahan habis pakai dan snack donornya sudah dipersiapkan jauh sebelum hari H.

“Kami sudah mulai bertugas dari pukul 09.00 WIT tadi. Hari ini yang bisa diambil darahnya ada 48 orang. Tapi belum belum tahu hasil bersihnya, karena dari 48 kantong darah yang terkumpul, nanti masih harus dicek lagi, diperiksa lagi selanjutnya”, terang Vonny, salah satu tim UTD RS Sele Be Solu kepada Radar Sorong, Sabtu (30/11).

Ia menambahkan, ada syarat yang harus dipenuhi para calon pendonor sebelum mendonorkan darahnya. Seperti usia pendonor minimal 17 tahun, BB pendonor minimal 45, istirahat cukup (tidur 4-6 jam) dan tidak sedang sakit. Menurutnya, donor darah ini bisa berdampak baik dan banyak manfaat bagi pendonor.

“Ini termasuk kegiatan kemanusiaan yang sangat positif, saya harap ya akan terus dipertahankan kegiatan-kegiatan serupa. Karena sangat bermanfaat bagi pendonor, terlebih bagi orang yang mendapat donor darah,” sambungnya. (cr-50)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed