oleh

Ujian Sekolah Gratis

Korisano : Dibiayai Dana BOS, Tidak Ada Alasan Pungut Biaya Ujian

SORONG – Pasca ditiadakannya ujian nasional, ujian sekolah akan dilaksanakan pertengahan tahun 2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong bertanggung jawab penuh untuk pelaksanaan ujian sekolah tersebut. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Petrus Korisano,SPd,MPd kepada Radar Sorong, Sabtu (13/2) mengatakan pada ujian sekolah nanti semua akan digratiskan, tidak ada alasan untuk pemungutan biaya-biaya lainnya.

Dia mengingatkan kepada pihak sekolah tidak memungut biaya ujian sekolah lagi karena sudah ada dana BOS. Ia juga mengimbau kepada para orang tua murid yang anaknya berada di bangku SD dan SMP agar tidak memberikan biaya sepeserpun dalam ujian sekolah jika diminta pihak sekolah. ”Pihak sekolah tidak boleh memungut biaya ujian dari orang tua murid, tidak boleh sama sekali. Kepada orang tua agar tidak memberikan biaya ujian karena ujian sekolah gratis. Itu dibuat soalnya oleh sekolah dengan menggunakan dana BOS,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Sorong Arif Abdullah Husain mengatakan, menghadapi ujian sekolah, orang tua hanya menyiapkan anak dan mengawasi, yang lain-lainnya itu tidak ada. ”Karena tahun ini pelaksana ujian sekolahnya kita tidak membebani sama sekali kepada orang tua siswa. Jadi semua itu kita menggunakan dana BOS,” katanya kepada Radar Sorong, Sabtu (13/2). ”Untuk tahun ini ada bantuan dari Dinas Pendidikan berupa pengadaan soal-soal ujian sekolah. Untuk SMP 2 nanti ada 10 mata pelajaran yang diujikan,” katanya.

Dinas Pendidikan menanggung 6 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan PPKN, sedangkan 4 mata pelajaran, Agama, Prakarya, Penjaskes dan Seni Budaya dibuat langsung oleh sekolah dengan menggunakan dana BOS. ”Saya akan melakukan tindakan pencegahan dan saya akan langsung memberikan informasi kepada orang tua bahwa tidak ada pungutan sedikitpun yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian sekolah. Dan itu saya telah melakukan pertemuan dengan guru-guru,” jelasnya.

Salah seorang ortu siswa mengatakan bahwa ujian yang dilaksanakan tanpa biaya-biaya lainnya, sangat membantu para orang tua siswa di masa pandemi Covid-19. ”Kalau semua-semua gratis kan enak dan membantu kami dimasa pandemi ini,” ujarnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed