Uji Coba Mandalika disebut Krusial di MotoGP 2022

radarsorongnews.com – Massimo Meregalli, selaku Direktur Tim Monster Energy Yamaha, mengatakan bahwa pelaksanaan proses uji coba MotoGP Mandalika, Indonesia, adalah proses uji coba pramusim yang lebih penting dibandingkan uji coba Sirkuit Sepang, Malaysia. Sekedar informasi untuk anda, pelaksanaan uji coba pramusim akan dilaksanakan pada 11-13 Februari 2022 mendatang. Menurut Meregalli, Sirkuit Mandalika, Indonesia, merupakan trek baru yang belum hitungan tahun, sehingga seluruh data tentang kekurangan maupun kebutuhan harus benar-benar dikumpulkan sebaik mungkin dan secepat mungkin sebelum pelaksanaan MotoGP 2022 akan dilaksanakan. 

Melansir dari sumber Bola.net, mengatakan bahwa Monster Yamaha itu sudah melaksanakan uji coba pascamusim untuk Sirkuit Jerez, Spanyol. Proses yang memakan waktu satu hari, yakni 18-19 November 2021 itu menunjukkan bahwa semua rider tidak perlu lagi mengendarai motor MotoGP sampai uji coba dilakukan di Sepang mendatang. Dibalik proses uji coba yang memakan banyak waktu, rupanya ini telah menjadi momen kans para rider agar mereka bisa membiasakan diri dengan lekukan-lekukan sirkuit sambil mengendarai motor di kecepatan tertinggi. 

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa tipe mesin untuk motor MotoGP sangat khusus dan besar, sehingga para rider harus bisa menyesuaikan diri mereka menggunakan berbagai strategi individu. Berkaitan akan hal tersebut, rupanya ini menjadi pertama kali para rider langsung mengunjungi Sirkuit Sepak, Malaysia, untuk melaksanakan proses uji coba pramusim setelah menginjakkan kaki di 2020 lalu. Kala itu, para rider gagal untuk melaksanakan uji coba pramusim dikarenakan kondisi Covid-19 di Malaysia sudah semakin buruk. 

“Bagi kami, uji coba pramusim adalah momen penting. Dan tahun 2022 ini jauh lebih penting karena kami akan melakukan uji coba back to back di Malaysia. Kemudian, kami akan datang ke Indonesia (Sirkuit Mandalika),” ujar Meregalli, yang kami lansir dari sumber Bola.net, pada Minggu, 6 Februari 2022.

Sirkuit MotoGP Mandalika ( Sumber Foto : cnnindonesia )

 

Uji Coba MotoGP Mandalika Harus Dilakukan

 

“Malaysia telah menjadi kans pertama para rider untuk naik kembali ke kendaraan mereka masing-masing setelah menyelesaikan rehat selama musim dingin. Mereka juga akan kembali memakai kans ini untuk menyesuaikan kecepatan, mereka harus menjajal motor masing-masing menggunakan komponen baru yang telah sesuai dengan aturan MotoGP. Namun menurut saya, uji coba di Indonesia adalah uji coba paling penting,” ungkap Meregalli. 

Sekedar informasi untuk anda, Mandalika adalah kesempatan terakhir atas penggunaan sirkuit untuk bisa menjajal seluruh kendaraan MotoGP menggunakan mesin dan komponen baru, sebelum akhirnya seluruh kendaraan akan di segel dan di kirimkan ke Qatar. Alhasil, proses uji coba ini juga mengharuskan para rider untuk jeli dalam menentukan konfigurasi data serta penggunaan komponen terbaik untuk kendaraan mereka sebelum akhirnya proses pelaksanaan ajang MotoGP 2022 benar-benar dilaksanakan. 

“Sirkuit Mandalika telah menjadi trek baru untuk para rider kami. Disana juga kami harus mengumpulkan banyak informasi dan data terkait Mandalika. Ini tugas khusus karena Grand Prix Mandalika akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” ujar Meregalli.

 

Insinyur Jepang Turun Tangan

 

Pria Italia ini telah menyatakan tentang keterlambatan Yamaha hingga ditinggal oleh Ducati. Keterlambatan yang dialami oleh Yamaha, disebabkan oleh kecepatan puncak, atau top speed Ducati yang jauh lebih baik, sehingga tenaga mesinnya pun harus diperbaiki. Menanggapi tentang hal tersebut, Meregalli mengatakan dengan tegas bahwa sekarang Yamaha sudah mengandalkan insinyur asal Jepang untuk mengatasi hal ini. 

“Kami telah memiliki area utama untuk diperbaiki, yaitu top speed kami. Di MotoGP 2021 lalu, kami sudah mengalami kesulitan. Ini menyebabkan kami harus segera mengatasinya. Area utama kami akan dibantu oleh insinyur asal Jepang. Bukan hanya berfokus di keunggulan mesinnya saja, melainkan kami juga akan mengatasi di aerodinamika berbeda, melakukan perbaikan untuk grip bagian belakang, dan kami akan memikirkan tentang akselerasi tambahan top speed agar bisa melaju kencang di trek lurus,” tutupnya. 

Setelah menjalani uji coba di Sirkuit Mandalika, seluruh peserta maupun tim terkait akan kembali ke negara masing-masing sekaligus mempersiapkan upaya mereka untuk menghadapi seri perdana MotoGP 2022 di Losail, Qatar. Pelaksanaan uji coba MotoGP Mandalika akan dilaksanakan pada 11-13 Februari 2022 mendatang.

Previous post Varian Omicron Sudah Menyerang Negara Indonesia, Gejalanya Beragam!
Next post Kronologi Hanggar Malinau Usir Pesawat Susi Air dari Kalimantan