oleh

Tutup Tambang Galian C !

-Berita Utama-1.038 views

SORONG – Dinilai sebagai salah satu penyebab banjir di Kota Sorong, tambang galian C dan puluhan pencucian pasir di wilayah Malanu ­hingga Km 10 Masuk akan ditutup pada hari Rabu (19/8) nanti. Penutupan galian C ini bertujuan untuk mengundang para pengusaha galian C ­maupun pencucian pasir ­untuk berkoordinasi.

Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong, Julian Kelly Kambu,ST,MSi mengatakan, usai kunjungan Gubernur Papua Barat, Dinas PPLH Kota Sorong melakukan pengawasan dan peman­tauan lingkungan melalui udara dengan menggunakan drone guna memantau aktifitas ­semua kawasan galian C dan pencucian pasir yang tidak berizin (ilegal) di wilayah ­Malanu hingga Km 10 masuk. Sedangkan galian C yang berizin ­hanya ada di daerah Saoka.

”Setelah kami melihat semua laporan, saran dan rekomendasi saat melakukan inpeksi, ternyata para pengusaha galian C dan pencucian pasir tidak melakukan reboisasi dan membiarkan endapan keluar berserta air pencucian pasirnya,” kata Kelly kepada wartawan, Kamis (13/8).

Para pengusaha galian C lanjut Kelly, tidak melakukan reboisasi dan rehabilitasi lahan,  hanya membongkar dan membuat kawah-kawah  yang akan  menampung air, dan ketika hujan, kawah tersebut tidak mampu menampung volume air, hingga akhirnya menyebabkan banjir di Kota Sorong.

”Sehingga mulai minggu depan yakni hari Rabu (19/8), kami akan menutup sementara aktifitas galian C. Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Pertambangan, Satpol PP serta Dinas Perhubungan, agar bersama melakukan aksi penutupan di wilayah tersebut,” tegasnya.

Penutupan aktifitas galian C sambung Kellym hanya bersifat sementara guna mengundang para pengusaha galian C maupun pengusaha pencucian pasir. Penutupan galian C dan  pencucian pasir tidak berlangsung selamanya, mengingat awasan tersebut merupakan penyumbang material di Kota Sorong. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed