oleh

Tuntutan Pembubaran Banser Sangat Disayangkan

-Berita Utama-1.065 views

SORONG-Terkait aksi demo di Kantor Wali Kota Sorong yang menyampaikan 9 poin tuntutan, salah satunya disebutkan “Pemerintah segera bubarkan ormas Banser dari Negera Republik Indonesia”, hal ini diklarifikasi oleh Ketua GP Ansor Kota Sorong, Jumain Acang, S.Sos. “Kami secara pribadi maupun organisasi, simpati dan peduli dengan apa yang dilakukan rekan-rekan mahasiswa dan masyarakat di Kota Sorong. Saya ini lahir, besar di tanah Papua, tetapi yang kami sangat sayangkan adanya tuntutan pembubaran Banser (Barisan Ansor Serbaguna),” terangnya saat bertandang ke redaksi Radar Sorong, semalam.

Ia menjelaskan, berdirinya Banser merupakan bagian dari perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga tidak bisa dipisahkan. Banser memiliki banyak peran dan fungsi, salah satunya adalah peran kemanusiaan dan itu melekat pada jiwa setiap Banser. Ditegaskannya, Banser maupun GP Ansor adalah organisasi yang menjunjung tinggi pluralisme, azas kemajemukan. “ Ini seperti yang disampaikan oleh Syaidina Ali, bahkan disampaikan dalam forum – forum nasional oleh Gus Dur, bahwasanya mereka (non muslim) memang bukan saudara se-Iman, tetapi mereka adalah saudara dalam kemanusiaan. Artinya, soal keimanan adalah masing-masing punya kepercayaan, tetapi soal kemanusiaan adalah bersaudara,” katanya.

Sehingga secara otomatis, Banser maupun GP Ansor yang merupakan organisasi dari NU sangat-sangat menghargai dan menjunjung tinggi harkat, martabat orang Papua. “ Selain itu, dalam peristiwa yang terjadi terhadap mahasiswa yang melakukan study di Surabaya, Malang maupun kota lainnya tidak ada keterlibatan Ansor maupun Banser. Ini sudah kami konfirmasikan kepada PW GP Ansor Jawa Timur maupun GP Ansor daerah lainnya,”tuturnya.

Dibeberkannya, dengan adanya tuntutan untuk pembubaran Banser membuat kaget jajaran Banser, oleh karena itu pihaknya juga akan melakukan klarifikasi dan konfirmasi kepada pihak koordinator aksi demo maupun pihak terkait lainnya untuk meluruskan apa yang terjadi. “Apabila ini salah konsep, maka ada pihak-pihak  yang bermain atau kepentingan tertentu. Ada yang ingin mencari kesempatan dibalik semuanya ini. Jadi saya minta tegas pihak kepolisian menindak pihak-pihak yang meminta Banser dibubarkan. Ada apa dengan hal ini, semua tahu, bahkan masyarakat Papua juga tahu, bagaimana kecintaan Papua terhadap Gus Dur, terhadap NU dan itu sudah termaktub semuanya,”tegasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat di tanah Papua, untuk menjaga tanah yang penuh kasih, penuh damai dan tanah yang memberikan kemashalatan bagi semua umat. “ Saya merasa bagian dari Papua. Saya sangat cinta Papua, karena saya lahir dan besar di tanah ini,”pungkasnya. (rat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed