oleh

Tunjang Pariwisata dengan Manfaatkan Mangroove

-Metro-54 views

SORONG-Guna menunjang pariwisata di Kota Sorong, Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Sorong melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait. Hal tersebut membahas fungsi kawasan pesisir yang terdapat hutan Mangroove.

Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Sorong, Julian Kelly Kambu,ST.MSi mengatakan Dinas PPLH Kota Sorong melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder untuk melihat kawasan pesisir Kota Sorong.

“Mulai dari Suprau, Saoka sampai Km 18 dengan menghadirkan 2 nara sumber pak Ismail dan ibu Handayani. Kebetulan mereka melakukan kajian Mangroove terkait dengan kondisi rill yang terjadi di Kota Sorong. Fungsi kawasan pesisir ini ternyata banyak hal yang disampaikan yaitu kerusakan Mangroove dari tahun ke tahun terus meningkat sangat cepat tingkat kerusakannya. Sehingga manfaat dari Mangroove itu sangat banyak, selain rumah ikan, kepiting dan juga sebagai penyerapan carbon, mencegah abrasi, pengendalian banjir,” katanya kepada Radar Sorong.

Lanjutnya, Persepsi masyarakat terkait Mangroove bervariasi, sehingga perlu edukasi. Kemudian tingkat pemahaman masyarakat yang sangat rendah juga ikut mempengaruhi persepsi masyarakat dalam melindungi Mangroove. 

Sementara itu, Dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong, Handayani, menyebutkan, dirinya melihat dari beberapa lokasi diantaranya Klasabi, Kladufu, Rufei Pantai dan Saoka. Itu terlihat bahwa memang edukasi itu sangat penting diberikan kepada masyarakat berkaitan dengan pentingnya ekosistem pesisir, baik itu Mangroove dan ekosistim terumbu karang.

“Bagaimana kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melindungi ekosistim tersebut. Kuncinya adalah sebenarnya masyarakat berada di wilayah aksesbilitas mereka terhadap pendidikan, kesehatan, perdagangan dan jasa, sebenarnya sangat mudah untuk dijangkau. Nah, potensi itu merupakan peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Karena secara umum kami lihat pendapatan masyarakat sebagian besar adalah nelayan. Ini yang akan kita genjot agar nelayan memiliki keterampilan yang lebih. Ini yang kita akan sama-sama dengan Pak Kelly dan stakeholder lain untuk bersinergi,” jelasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed