oleh

Tukang Ojek Tewas Dikeroyok KKB

TIMIKA – Seorang tukang ojek yang diketahui bernama Rusman HR alias Aco (40), Selasa (9/2) sekitar pukul 18.30 WIT menjadi korban pengeroyokan di Kampung Ilambet, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Aksi ini mengakibatkan korban yang berasal dari Sulawesi Selatan mengalami luka tusukan benda tajam pada bagian punggung kiri dan bahu kiri bagian belakang korban yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw melalui Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, SH yang ditemui wartawan di Timika, Rabu (10/2) kemarin, menjelaskan bahwa sebelum kejadian, korban sempat mengantarkan penumpang.  Namun, saat kembali, korban dihadang sekitar enam orang yang diduga merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Mereka langsung melakukan pengeroyokan dan penganiayaan terhadap korban.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Setelah Rusman HR alias Aco di keroyok, korban sempat berusaha melarikan diri dan meminta pertolongan. Akan tetapi sebelum mendapatkan pertolongan, korban sudah lebih dulu meninggal dunia diduga lantaran kehabisan darah. “Korban saat itu sempat berusaha melarikan diri meminta pertolongan, namun jarak yang jauh dengan medan yang berbukit sehingga korban tidak tahan dan terkapar diduga akibat kehabisan darah akhirnya meninggal,” ungkapnya.

Aparat keamanan yang menerima laporan, langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. Selanjutnya jenazah Rusman HR alias Aco, dievakuasi dari Kabupaten Puncak pada Rabu pagi dengan menggunakan pesawat Grand Caravan milik PT Asian One PK-LTF Air, dan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 08.30 WIT.

Setiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, jenazah Rusman dibawa dengan ambulans menuju RSUD Mimika untuk dilakukan visum. Ikut mengantar jenazah almarhum Rusman, isterinya yang bernama Hardianti bersama dua putra mereka, bersama dua orang kerabatnya yaitu Hamka dan Gusriani.

Kapolda Papua yang ditemui wartawan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Rabu kemarin menyampaikan, sebagai penangungjawab kamtibmas di Papua, ia merasa prihatin dan turut berbelasungkawa. “Saya prihatin dan berdukacita karena kegiatan seorang awak ojek yang pekerjaan hari-harinya melayani masyarakat, tapi kemudian menjadi korban penganiayaan. Saya terima laporan, korban sudah di evakuasi ke Makassar di kampung halamannya,” papar Irjen Waterpauw.

KKB Tembaki Petugas yang Ambil Motor Korban

Personel gabungan TNI dan Polri yang akan mengambil barang bukti kasus pengeroyokan yakni sepeda motor milik Rusman HR alias Aco (40), tukang ojek yang tewas akibat pengeroyokan di Jalan Kampung Ilambet, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, mendapatkan teror penembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Rabu (10/2) sekitar Pukul 10.00 WIT.

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw melalui Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, SH melalui rilis tertulis yang diterima Radar Timika, Rabu kemarin menjelaskan, sesampainya di TKP, personil gabungan tidak menemukan motor tersebut, karena sudah dipindahkan oleh KKB ke Ujung Jembatan Unggul, Kampung Ilambet, selanjutnya personil menuju ke jembatan tersebut. Saat akan mengambil barang bukti, terdengar suara tembakan dari arah bukit  yang jauh disebelah kiri sekitar 1 km lebih, selanjutnya personil gabungan berhasil mengamankan barang bukti milik korban dan diamankan ke Mapolres Puncak. Kabid Humas menyebut, aksi teror dari KKB tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Pihaknya menambahkan, personil gabungan terus meningkatkan patroli di seputaran Kota Ilaga, Kabupaten Puncak.

Sementara itu, Bupati Puncak, Willem Wandik menghimbau kepada masyarakat untuk waspada, mengingat kejadian penikaman dengan pisau adalah hal yang baru dilakukan oleh KKB, tidak seperti biasanya menggunakan senjata api. “Hari ini mereka sudah melakukan dengan pisau, biasanya mereka lakukan dengan senjata, ini sangat menghwatirkan masyarakat. Kita harus waspada karena akhir-akhir kelompok ini berkeliaran di mana-mana,” kata Willem Wandik.  (tns/al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed