oleh

Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49%

-Ekonomi-56 views

SORONG – Selama momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2021, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB). Itu artinya, terjadi pertumbuhan terhadap trafik layanan data Telkomsel sebesar 49% jika dibanding momen yang sama tahun lalu. Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, dalam situasi pandemi seperti saat ini, masyarakat berupaya untuk terus menjalin silaturahmi secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband.
Di sisi lain, layanan SMS di momen RAFI 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan layanan panggilan suara tumbuh 4% dibandingkan hari biasa.
Nugroho mengungkapkan, sepanjang momen RAFI tahun ini, ada 5 wilayah operasional Telkomsel yang tercatat mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan tahun sebelumnya.

”Pertumbuhan layanan data tercatat ada di lima wilayah operasional Telkomsel. Namun di antara 5 wilayah tersebut, sebagian besar didominasi oleh Sumatra Utara, Tengah dan Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa,” terang Nugroho.
Sementara itu untuk wilayah operasional Telkomsel Regional 11 Papua dan Maluku (PUMA), Telkomsel mencatat peak trafik layanan data 0.84 Petabyte (PB) pada Hari H+1. Berdasarkan pantauan Regional 11, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri tercatat menurun -0.88% dibandingkan peak RAFI 2020.
Untuk layanan SMS di momen RAFI 2021 ini, Regional 11 PUMA mengalami lonjakan trafik sebesar 13.46% pada H-1 lebaran. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, ada lonjakan trafik layanan suara sebesar 16.38% pada H-1 lebaran.
Corporate Communication Telkomsel Regional 11 Papua dan Maluku (PUMA), Rifqy Redha Azizul Hakim menambahkan, secara umum pelanggan di regional PUMA banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital.

”Selama momen RAFI 2021, masyarakat PUMA banyak mengakses platform digital untuk menunjang produktivitas. Misalnya bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication yang tumbuh 0.22% dibandingkan dengan hari biasa. Sedangkan untuk penggunaan layanan video streaming ada penurunan -9.76%,” bebernya.
Di samping itu, trafik aktivitas digital lain dari pelanggan di PUMA seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel tercatat tumbuh masing-masing sekira 14.06%, 4.54% dan 6.65% selama RAFI 2021 ini. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed