oleh

Total Sembuh Covid Kotsor Menggembirakan

-Metro-28 views

Angka sembuh Covid-19 di Kota Sorong (Kotsor) mencapai 1.359 orang, sebagian besar adalah OTG positif yang menjalani karantina mandiri di rumah dan beberapa berasal dari Diklat Kampung Salak. Kenaikan angka kesembuhan yang terbilang signifikan ini berdasarkan penanganan yang sesuai dengan aturan kesehatan. Dimana, para pasien positif ini diberikan makanan bergizi serta vitamin.

Makanan bergizi yang diberikan kepada para OTG khususnya yang berada di Diklat Kampung Salak ini, diawasi oleh ahli gizi, sementara yang menjalani karantina di rumah masing-masing, melakukan penanganan untuk diri sendiri sebab mereka tidak mau di karantina di Kampung Salak. Akan tetapi, tambah Juru Bicara Tim Gustu percepatan penanganan Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R. Laku, mereka tetap diawasi oleh petugas dari Puskesmas setempat.

“Penanganan untuk mereka yang karantina mandiri ini dilakukan oleh mereka sendiri, tapi tetap diawasi oleh Puskesmas. Kita berharap semua masuk di karantina agar makanan mereka dan vitamin bisa untuk proses kesembuhan mereka,”ungkapnya.

Yang kedua, untuk pasien positif yang bergejala pun diberikan vitamin dan juga obat-obat tertentu. Hal tersebut yang dilakukan oleh dokter dan ahli Gizi agar dapat meningkatkan imun tubuh dari pasien positif yang bergejala ini agar mereka bisa mengalami kesembuhan.

Bila dibandingkan angka kesembuhan, Ruddy mengungkapkan berdasarkan data OTG yang melaksanakan karantina mandiri memang lebih besar angka kesembuhannya. Dimana, berdasarkan aturan rata-rata kesembuhan para OTG ini hanya selama 10 hari sedangkan untuk pasien positif bergejalah adalah 13 hari.

Ruddy mengumumkan pihaknya telah menerima 228 hasil pemeriksaan sampel di Balitbangkes Makassar, dari 228 sampel tersebut terdapat 53 penambahan positif baru. Sehingga total kasus positif Covid-19 di Kota Sorong berjumlah 1.707 orang. Sementara itu, pihaknya masih menunggu proses pemeriksaan 127 sampel.

“53 penambahan baru tersebut masih dari kontak erat dari klaster keluarga,”ujarnya

Data perkembangan kasus positif Covid-19 di Kota Sorong, total kontak erat berjumlah 6.546, proses di karantina berjumlah 67 dan discharded 6.479 orang. Kemudian, suspect berjumlah 803, dalam pemantauan berjumlah 105, sedang dirawat 10 dan discharded 688 orang. Sementara itu, probable 5, hasil pemeriksaan sampel negatif berjumlah 4.657 dan pasien yang sembuh 1.359 orang.

“Kasus meninggal positif 27 orang, meninggal negatif 7 orang dan dan meninggal probable atau suspect lima orang,”bebernya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed