Tips Aman Jogging Saat Puasa, Tetap Sehat di Bulan Ramadhan!

radar sorong – Jogging, adalah salah satu jenis olahraga sederhana yang disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam menjalankannya, senantiasa menjadi faktor pendukung memilih jogging dibandingkan jenis olahraga lainnya. Menjelang Ramadhan, tips jogging saat puasa wajib sekali diketahui. Jogging memiliki begitu banyak manfaat, terlebih jika dilakukannya dengan benar ketika sedang menahan dahaga seharian. Akan sangat disayangkan ketika olahraga jogging tertunda. Bukan hanya menyebabkan kondisi tubuh menurun, namun pola hidup juga terganggu. 

 

Maka dari itu, lebih baik tetap menjalankan aktivitas olahraga yang normal di saat puasa sekalipun, sehingga kondisi tubuh prima akan memudahkan anda menjalani berbagai macam kegiatan yang padat. Sebenarnya, jogging tidak membutuhkan suatu hal yang sulit. Sebagaimana yang telah kami jelaskan diatas, bahwa jogging sangat mudah dilakukan. Tetapi, jangan sampai olahraga jogging yang satu ini menyebabkan anda mudah sekali mengalami cedera. Karena, olahraga saat berpuasa harus dilakukan dengan hati-hati atas kondisi tubuh lemas setelah terbit fajar hingga terbenamnya matahari menahan haus serta lapar. 

 

Nah, apabila ingin tahu olahraga jogging yang baik dan benar, lebih baik perhatikan terus ulasan kami yang satu ini. Karena sesuai judul yang telah disematkan diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih lengkap kepada anda mengenai tips aman jogging saat berpuasa. Lantas, apa saja tips yang dimaksud agar bisa memaksimalkan kondisi prima di tengah bulan Ramadhan dan tidak ada halangan melakukan olahraga jogging? Yuk, simak terus artikel kami yang satu ini sampai selesai!

 

Tips Jogging Saat Puasa, Wujudkan Kondisi Prima Ditengah Bulan Ramadhan!

 

Seharusnya, saat bulan Ramadhan, kondisi tubuh tetap diutamakan. Karena ketika sedang berpuasa, tubuh yang lemas bisa menyebabkan kondisi semakin menurun. Keterkaitan kondisi tubuh dengan puasa memang tidak bisa dipungkiri. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tetap menggerakkan seluruh tubuh dengan olahraga tertentu. 

 

Termasuk olahraga jogging yang satu ini. Sehingga, tubuh fit akan memudahkan anda menjalankan berbagai macam aktivitas padat di keseharian. Dibawah ini, adalah tips terbaik menjalankan olahraga jogging di tengah bulan Ramadhan:

 

  1. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa jogging dengan maksimal tanpa hambatan di tengah bulan Ramadhan, adalah memastikan kondisi tubuh terhidrasi dengan baik. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa penting sekali untuk memaksimalkan cairan didalam tubuh. Hal ini bisa menangkal berbagai macam gangguan tubuh yang disebabkan karena kekurangan cairan. 

 

Saat hendak jogging, maka pastikan bahwa asupan cairan sudah terpenuhi. Setidaknya, anda minum air putih cukup saat sedang sahur atau berbuka puasa. Prioritaskan lah minum air putih dibandingkan minuman manis lainnya. Dengan begitu, tubuh akan selalu terhidrasi dan bencana berolahraga dapat di hindari dengan sempurna.

 

  1. Gunakan Sepatu yang Tepat

Setelah memastikan tubuh terhidrasi, hal selanjutnya yang harus anda lakukan, adalah menggunakan sepatu yang tepat. Karena olahraga jogging mengutamakan kekuatan kaki, maka penting sekali untuk memikirkan alas sepatu yang digunakan. Disarankan untuk menggunakan sepatu yang tidak kebesaran ataupun kekecilan. Pilih lah sepatu yang tepat dan pas. 

 

Melansir dari sumber Hellosehat.com, disebutkan bahwasanya waktu terbaik ganti sepatu jogging, adalah 6 bulan sekali. Dengan rutin mengganti sepatu jogging, maka kenyamanan saat berolahraga dapat membantu anda memaksimalkan kegiatan ini. Tidak berhenti di situ saja, mengganti sepatu secara rutin adalah upaya terbaik mengurangi resiko cedera.

 

  1. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan maupun pendinginan, adalah upaya olahraga yang seringkali dilupakan oleh banyak orang. Tanpa disadari, sebenarnya olahraga jogging akan terhindar dari resiko cedera apabila melakukan pemanasan dan pendinginan yang benar. Pemanasan sangat penting, khususnya olahraga saat berpuasa. Mengapa demikian? Karena, pemanasan adalah upaya terbaik memberikan “sinyal” ke tubuh demi mempersiapkan sepenuhnya secara fisik maupun mental

 

Tidak berhenti di situ saja, melakukan pemanasan ketika hendak berolahraga jogging juga bisa meningkatkan detak jantung serta meringankan stress ketika sudah mulai melakukan aktivitas yang satu ini. Pemanasan terbaik saat hendak jogging, adalah lari-lari kecil. Dan pendinginan pun sama pentingnya. Pendinginan sangat efektif untuk menurunkan detak jantung secara perlahan dan tekanan darah kembali stabil

Itulah ulasan mengenai tips jogging saat puasa. Terapkan tips diatas sekarang juga agar bisa menjaga kualitas maupun kondisi tubuh di bulan Ramadhan.

Previous post Kekecewaan Faisal Ketika Vanessa Angel Disebut Hamil Diluar Nikah!
Next post Wajib Dihindari, Inilah Kumpulan Kota Paling Berbahaya di Amerika Serikat!