oleh

Tingkatkan Sinergitas, BLK Bentuk FKLPI

-Metro-955 views

SORONG – Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong kemarin (16/10) membentuk Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI). Dalam pembentukan FKLPI tersebut, Frits Oktovianus dari PT Telkom terpilih sebagai Ketua FKLPI.

Herman Bija, ST, M.Si.

  Sementara itu, Kepala BLK Sorong Herman Bija, ST, M.Si saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa, pembentukan FKLPI bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara lembaga pelatihan dalam hal ini BLK Sorong dengan dunia industri yang merupakan pengguna dari tenaga kerja. “Artinya ketika kita berusaha untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran di sini maka kita tidak bisa berjalan sendiri. Nah yang terjadi selama ini terkadang muncul ketika kita melatih masyarakat pencari kerja, apa yang kita berikan itu belum sepenuhnya match dengan kebutuhan dunia industri. Hal inilah yang mendasari kenapa kami berinisiatif membentuk FKLPI. Sehingga nantinya antara dunia industri dan dunia pelatihan itu bisa bersinergi, karena yang menjadi pengguna tenaga kerja itu adalah dunia industri,”ujarnya. 

  Selama ini ada kesenjangan ketika BLK melatih di satu sisi BLK berjalan dengan program tetapi tidak semuanya itu bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan dunia industri. Sehingga BLK berusaha supaya pihak industri bisa terlibat dari hulu sampai ke hilirnya, kalau selama ini terkadang pihak industry dilibatkan di hilir saja, sehingga BLK melatih, melatih tetapi itu tidak terserap di industri. “Kita melatih sebanyak-banyaknya, tetapi ya kita latih begitu saja. Sekarang kita harus rubah paradigm itu, kita melatih tetapi sudah ada tempat yang nantinya mereka akan tempati. Untuk mengetahui itu tentunya kita butuh teman-teman industri ini, mereka butuh apa sih kedepannya, tenaga kerja dengan kualifikasi kompetensi seperti apa sih. Sehingga ketika kita membuat program kita nanti harapkan masukan dari teman-teman pengguna jadi kita melatih tidak hanya menyiapkan saja tapi sudah ada pangsa pasarnya,”terangnya.(akh)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed