oleh

Tingkatkan PAD Sistem Online Diterapkan

TIMIKA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggandeng pihak Bank Papua Cabang Timika untuk memberlakukan online system pada penagihan dan pembayaran pajak. Dengan pemberlakukan sistem penagihan dan pembayaran yang terkoneksi dengan internet ini selain lebih mempermudah Wajib Pajak (WP), juga dilaksanakan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak. 

Untuk memberlakukan online system pada penagihan dan pembayaran pajak, Bapenda mengadakan sosialisasi Peraturan Bupati Mimika Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembayaran dan Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah secara online sistem, Selasa (23/10) di Hotel Grand Mozza. 

Kepala Bapenda Drs Dwi Cholifah, MSi mengatakan, sosialisasi ini sendiri dilaksanakan guna menindaklanjuti MoU antara Pemda Mimika bersama KPK di Jayapura beberapa waktu lalu. Khusus untuk optimalisasi pendapatan daerah, maka salah satu programnya adalah pemasangan alat oleh Bank Papua secara gratis kepada WP. 

Alat TMD Online System serta pemasangan Poin of Sale (POS) ini difasilitasi oleh Bank Papua Cabang Timika. Di mana E POS digunakan untuk para WP yang masih menggunakan sistim pembayaran pajak secara manual dan TMD yang dipergunakan oleh WP yang sudah menggunakan pembayaran pajak dengan sistem. 

“Semuanya itu untuk merekam transaksi di Wajib Pajak itu, untuk pertama kita bertahap pasangnya,” ujar Dwi. 

Untuk tahap awal, sebanyak 30 alat akan dipasang oleh vendor yakni PT Partindo ke WP mulai hotel, restauran, rumah makan, cafe. Adapun tujuan pemasangan alat ini sebutnya adalah untuk mengetahui secara riil berapa pembayaran pajak yang langsung terkoneksi ke server di Bapenda. 

Diungkapkanya, jika selama ini perhitungan nilai pajak masih belum sesuai dengan uji petik, maka dengan adanya alat ini kemungkinan tidak akan terjadi hal yang sama. Dengan pemasangan alat ini, maka diharapkan pendapatan bisa meningkat. 

“Intinya yang kita minta dari WP kesadaran ada untuk menjaga alat ini, mengimpelemntasikanya, bukan alat ini dikasih terus disimpan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Bank Papua Cabang Timika Simon Giyai mendukung langkah Bapenda ini untuk menggunakan online system dalam pembayaran pajak. Dengan dukungan penuh Bank Papua, maka diharapkan nilai pajak juga bisa meningkat karena adanya kemudahan selama bertransaksi. 

“Kabupaten lain sudah terapkan, karena ada peningkatan maka harus diterapkan semua, dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah,” pungkas Simon. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed