oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Melalui Sanggar Ekonomi Kreatif

-Metro-44 views

Untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat di Kabupaten Maybrat, Pemerintah dan Masyarakat Kampung Konja Barat sepakat membentuk kelompok peng rajin anyaman noken, busur dan koba-koba khas suku A3 Maybrat dibawah binaan pemerintahan kampung.

Melalui sambungan telepon seluler, Kepala Kampung Konja Barat Distrik Aifat Utara, Alexander Taa, menceritakan bahwa, ide pembentukan sanggar pengrajin anyaman noken dan sofenir merupakan keputusan masyawarah kampung yang baru tahun ini mulai dilaksanakan. 

” Selain program infrastruktur, ada juga program pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat supaya mandiri secara ekonomi, tidak bergantung terus menerus ke pemerintah. Itulah yang mendorong sehingga tahun ini kami mulai mencoba dan puji Tuhan hasilnya sudah dipasarkan ke berbagai pasar lokal yang ada di Kabupaten Maybrat maupun di luar Maybrat” Jelas Kepla Kambung Konja Barat.

Secara ekonomis, lanjut kepala kampung bahwa seluruh bahan baku yang digunakan adalah menggunakan bahan baku lokal yang berasal dari hutan dan tidak membutuhkan modal biaya untuk mendapatkannya. Lanjut Kepala Kampung, bahwa hasil anyaman untuk satu buah noken, bisa dijual 300-500 ribu, tergantung motif dan tingkat kerumitannya. Sedangkan suvenir busur dan anyaman Koba (Payung Tradisional) dijual 200-300 ribu per setnya.

Para kaum ibu dan para suami  usia produktif dilibatkan dalam kegiatan yang  rutin dilakukan di Balai Kampung  Konja Barat. Seperti halnya Sabtu (5/9), aktivitas mereka mendapat kunjungan kepala Distrik Aifat Utara, Pelipis Fanataf, S.Sos. Dalam arahanya kepala Distrik mengapresiasi   bahwa kegiatan kreatif ini, sangat penting untuk  mendorong pertumbuhan  ekonomi kreatif yang berbasis pada kearifan lokal.

Salah satu perwakilan anggota kelompok, mengaku cukup tersentuh dengan program pemberdayaan ekonomi yang berbasis kearifan lokal. ” Dengan adanya kegiatan ini kami bisa dapat uang untuk membelanjakan kebutuhan rumah tangga dan anak anak sekolah” kata N. Taa dihadapan kepala Distrik sembari menambahkan bahwa mereka patut bersyukur atas kehadiran dana kampung, sehingga bisa dapat membantu untuk menggerakan  kegitan ekonomi kreatif di Kampung Konja Barat. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed