Tingginya Aktivitas Twitter Pada Ramadhan 2022 Mendatang!

radarsorongnews.com – Umat Muslim Indonesia akan merayakan bulan suci Ramadhan sebentar lagi. Untuk kali ketiganya Ramadhan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak lama. Tentu saja rutinitas bulan Ramadhan telah mengalami perubahan signifikan. Kini, banyak orang lebih memilih menjalankan kegiatan didalam rumah bandingkan harus bepergian. Berkaitan akan hal tersebut, rupanya sudah terlaporkan tentang prediksi bahwa aktivitas Twitter Ramadhan 2022 mendatang akan kembali tinggi, sama halnya dengan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya saat pandemi masih menimbulkan kekhawatiran dan kepanikan. 

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa Twitter merupakan salah satu aplikasi media sosial yang selalu dimanfaatkan untuk saling terhubung satu sama lain antar pengguna, mengekspresikan perasaan, menemukan hiburan untuk bersantai, hingga menemukan sebuah rekomendasi terbaik berbelanja dengan aman dan nyaman di tengah Ramadhan. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa saat ini memang banyak orang lebih nyaman menjalani segala aktivitas dan berbelanja kebutuhan secara online. 

Tidak lagi harus berkunjung ke toko offline, mengandalkan aplikasi-aplikasi perbelanjaan online adalah hal utama. Menanggapi tentang aktivitas tinggi di media sosial Twitter, Dwi Ardiansyah, selaku Country Industry Head Twitter Indonesia, mengatakan bahwa menjelang bulan Ramadhan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, akan terjadinya fenomena antusiasme yang tinggi dan diekspresikan melalui media sosial Twitter. 

“Twitter telah menjadi salah satu platform yang selalu digunakan oleh warganet agar saling terhubung satu dengan lainnya. Mereka tidak mungkin melewatkan kesempatan di Twitter untuk saling merayakan bulan Ramadhan. Mereka juga sudah terbiasa memanfaatkan Twitter untuk mendapatkan informasi tentang berbelanja online, contohnya untuk membeli pakaian baru untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri,” kata Dwi, di acara Kampanye Ramadhan, yang kami lansir dari sumber Liputan6.com, pada Selasa, 22 Februari 2022 kemarin. 

Berdasarkan data yang diulik oleh Twitter, percakapan seluruh pengguna Twitter Indonesia saat Ramadhan, akan menjamin aktivitas tinggi di awal hingga akhir Ramadhan. Dua puncak aktivitas tinggi di Twitter akan terjadi dengan nyata. Tidak sampai disitu saja, berdasarkan survei internal oleh Twitter, menyebutkan bahwa perbandingan percakapan dan aktivitas setiap harinya, selalu mengalami peningkatan signifikan hingga 87 persen di hari pertama Ramadhan. Dan di akhir Ramadhan, jumlah aktivitas pengguna Twitter akan bertambah dua kali lipat. 

Laporan ini berdasarkan kegiatan Twitter pada Ramadhan 2021 lalu. Kemudian, Dwi juga menambahkan bahwasanya sentiment percakapan warganet di Twitter selalu membahas tentang nilai-nilai positif mengenai Ramadhan. Seolah, aktivitas Twitter Ramadhan 2022 sudah terbiasa oleh kalangan pengguna nya dan telah menjadi rutinitas umum yang khalayak nyata. Nilai positif dan perbincangan mengenai Ramadhan di Twitter, adalah sebuah keajaiban. 

Mengingat pada awal-awal pandemi Covid-19 di 2020 lalu, banyak orang mengeluhkan kontra nya terhadap dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Kebijakan PHK dimana-mana, para karyawan dirumahkan, lockdown di seluruh perkotaan, menyebabkan aktivitas Ramadhan melalui media sosial sangat kisruh. Sementara di tahun 2021 kemarin, masyarakat Indonesia sudah menerima kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan kondisi setiap orangnya. Masyarakat pun sudah bisa menerima kebiasaan baru tersebut dengan lapang dada. 

“Twitter bisa melihat, bahwa percakapan seputar Ramadhan di tahun 2022 ini akan dipenuhi dengan beragam konten terkait harapan dan kebahagiaan. Hal ini sering dengan masyarakt Indonesia yang telah beradaptasi dengan kebiasaan baru,” tutur Dwi. Meskipun sentiment seputar Ramadhan memperlihatkan kebiasaan yang lebih positif berdasarkan kemauan oleh masyarakat itu sendiri, rupanya 73 persen pengguna Twitter mengaku masih turut mengkhawatirkan kondisi pandemi. 

Bahkan, banyak pula dari mereka yang masih takut untuk berkumpul bersama keluarga. Sementara 20 persen diantaranya mengaku sangat sulit untuk menghibur keluarga mereka yang masih mengalami perasaan berkecamuk atas hadirnya pandemi Covid-19 ini. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa 74 persen pengguna Twitter di Negara Indonesia akan membuktikan tentang kebiasaan baru mereka yang telah nyaman dilakukan sebagai bentuk perubahan rutinitas secara tidak sengaja. 

Kemudian, 67 persen pengguna Twitter lainnya berencana menggunakan Twitter untuk menikmati sebuah berita-berita trending yang sedang terjadi sebagai bentuk peduli terhadap informasi dunia, baik bersifat nasional maupun internasional. Aktivitas Twitter Ramadhan 2022 sangat beragam, namun lebih merujuk ke nilai positif dibandingkan negatif.

Previous post Rekomendasi Wisata Pantai Sumba Paling Indah, Pemandangan Tidak Mengecewakan!
Next post Hebat! Kesuksesan E-Commerce RI Masuk di Deretan Notorius Market List 2021!