oleh

Tiga Terdakwa Narkotika Jalani Sidang

-Metro-81 views

SORONG-Ketiga terdakwa Narkotika jenis Sabu-sabu berinisial RS (30) jenis kelamin perempuan, PH (29) jenis kelamin perempuan dan AK (41) jenis kelamin laki-laki jalani sidang bersamaan dengan di Ketua Majelis Hakim Dinar Pakpakhan, SH dengan agenda pembacaan dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum, I Putu Sastra Wicaksana, SH, di Pengadilan Sorong, Rabu (8/7).

Dalam pembacaan dakwaan, ketiga terdakwa didampingi kuasa hukumnya yang bernama Muhammad Yandilen, SH. Selanjutnya, direncanakan pada Rabu 15 Juli 2020 sidang lanjutan kasus tersebut dengan agenda menghadirkan saksi.

 Jaksa Penuntut Umum, I Putu Sastra Wicaksana, SH , dalam persidangan membacakan dawaaan terhadap ketiga terdakwa yakni PH, RS dan A dimana ketiganya menjalani sidang secara bersamaan namun dengan berkas sidang dipisahkan. Hanya saja ketiga terdakwa tersebut mendapatkan dakwaan yang sama yakni pertama, Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP. Kedua, Perbuatan terdakwa Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

 “Ketiga Perbuatan terdakwa Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dimana, dakwaan pertama pasal yang dikenakan, kemudian dakwaan kedua, dan dakwaan ketiga. Nanti dalam pembuktian baru dilihat perbuatan terdakwa mengarah ke dakwaan pertama, kedua atau ketiga,”ungkap JPU, kemarin.

Kronologi penangkapan ketiga terdakwa dimana, RS, PH dan AK sudah ditahan sejak tanggal 16 Januari 2020 di Rutan Polres Sorong Kota atas kasus penyalagunaan dan kepemilikan Narkotika jenis sabu-sabu. Penangkapan RS dan PH berdasarkan hasil pengembangan atas penangkapan terhadap AK yang merupakan pemilik Narkotika jenis Sabu-sabu usai membeli dari DPO berinisial H untuk kemudian di jual kembali kepada RS dan PH.

Pada, tanggal 6 Januari 2020, sekitar pukul 10.00 WIT RS dan PH menyepakati untuk menghubungi AK guna memesan narkotika jenis sabu-sabu dengan harga Rp 1. 200,000 dan ketiga terdakwa bersepakat untuk bertemu di warung Nasi Kuning, belakang Masjid Al-Jihad. Namun, tidak lama kemudian petugas Sat Narkoba Sorong Kota mendatangi TKP dan mengamankan RS dan PH. Sebelumnya, petugas sudah mengamankan AK, sehingga ketiga terdakwa di bawa ke Polres Sorong Kota untuk meminta keterangan lebih lanjut.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed