oleh

3 Prajurit TNI Tertembak KKB

TIMIKA – Tiga orang prajurit TNI Yonif R 700/WYC terluka akibat tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga. Mereka diserang KKB saat melakukan patroli. Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Kolonel Czi I Gusti Nyoman Suriastawa, dalam rilisnya, Kamis (26/11) malam menyatakan, prajurit TNI sedang melaksanakan kegiatan patroli di wilayah Distrik Kenyam, tepatnya di Kampung Kendibam ketika diserang. Serangan diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.15 WIT. ”Penyerangan dilakukan kelompok KKB pimpinan Egiyanus Kogoya sore tadi,” ujarnya.

Kontak tembak diperkirakan terjadi selama tiga puluh menit. Pasukan Yonif R 700/WYC merupakan pasukan gabungan yang memiliki tugas rutin mengamankan wilayah tersebut. ”Sampai sore hari, TNI masih melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut,” kata Kolonel Suriastawa.

Dari kontak tembak tersebut, ia memastikan tiga orang menderita luka tembak. Tiga prajurit tersebut juga disebutnya sudah mendapat pertolongan pertama sebelum akhirnya dievakuasi ke Timika menggunakan Heli Caracal TNI AU.  ”Yang bersangkutan dipastikan dalam keadaan baik-baik saja,” ungkapnya. ”Informasi dari lapangan baik dari prajurit maupun masyarakat yang ada serta berdasarkan sejumlah bukti, kemungkinan ada KKB yang tertembak. Namun, mereka melarikan diri dan ada kemungkinan disembunyikan oleh rekan-rekan mereka,” sambungnya.

Suriastawa memastikan meskipun kejadian tersebut terjadi, TNI tidak akan lelah mengamankan wilayah Papua dari KKB. TNI juga disebut akan terus melakukan pengejaran terhadap kelompok yang disebut­nya pengacau agar Papua kedepannya bisa damai. ”Terutama menjelang bulan damai dan kasih menyambut Perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 nanti,” pungkasnya. 

Informasi yang dihimpun, ketiga prajurit TNI yang terluka itu masing-masing ialah Serda Abriadi yang mengalami luka tembak di bagian paha kanan, Kopda Subair Purnomo mengalami luka tembak di pergelangan tangan kanan dan paha kanan serta Prada Fajar Rosadi, mengalami luka tembak di bagian leher sebelah kanan. Ketiga prajurit tersebut dalam keadaan sadar. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed