oleh

Tiga Bangunan Pasar Inpres Krooy belum Operasional

Selesai dibangun sejak tahun 2016 silam, namun 3 bagunan pasar di Pasar Inpres Krooy Kaimana hingga saat ini belum difungsikan. Lantai dan lapak dagangan pasar yang dibangun dengan dana alokasi khusus itu mulai rusak. Beberapa bagian tembok gedung tersebut pun terlihat kusam tak terawat. Sementara salah satu gedung yang terbesar, juga nampak tak terawat. Dipastikan miliaran rupiah terbuang percuma untuk pembangunan gedung pasar tersebut.
Beberapa warga sekitar yang berhasil ditemui wartawan, Minggu (30/8) mengaku, jika pasar tersebut dibangun untuk pasar ikan dan pasar daging.
“Tidak tahu, karena sejak dibangun pasar ini belum juga dipergunakan,” jelas salah seorang warga yang enggan namanya disebutkan.
Ditanya, mengapa pasar tersebut belum dipergunakan hingga saat ini? Kata warga tersebut, hal itu erat kaitannya dengan pembayaran hak ulayat tanah, yang hingga saat ini belum diselesaikan oleh pemerintah.
Meski demikian, dia sendiri mengaku tidak tahu menahu tentang berapa besar tuntutan ganti rugi atas tanah pasar tersebut.
Salah seorang pedagang yang juga enggan namanya disebutkan kepada wartawan pun mengaku, jika pasar yang dibangun di bagian dalam pasar ini, seharusnya bisa dipergunakan, jika diatur secara baik.
“Bagaimana pasar itu bisa dipergunakan, kami yang berjualan di tempat ini saja tidak laku? Apalagi mau jualan di dalam sana?” ujarnya.
Dia mengatakan, seharusnya pembangunan pasar rakyat yang telah dibangun tersebut, harus dikaji lebih mendalam seperti lokasinya, karena dengan demikian memberikan asas manfaat bagi masyarakat.
“Kasihan kan? Uang Negara habis percuma untuk bangun pasar itu, yang tidak memberikan manfaat bagi masyarakat,” terangnya.
Pihak terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaimana, hingga berita ini diturunkan, belum dapat dikonfirmasi terkait pasar rakyat tersebut. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed