oleh

Tidak Melapor, Kesbangpol Usut LSM Kibar

SORONG – Legalitas LSM Kibar dipertanyakan Badan Kesbangpol Kota Sorong, kendati mengantongi legalitas dari Kemenkumham RI, namun dengan tegas Kepala Badan Kesbangpol Kota Sorong Hendrikus Momot,SE mengatakan akan mengusut atau menindaklanjuti tidak terdaftarnya LSM tersebut di Kesbangpol Kota Sorong.

Menurutnya, LSM Kibar ilegal karena melakukan aktivitas di Kota Sorong tanpa mengantongi legalitas atau surat dari Kesbangpol Kota Sorong. ”Kami memiliki tim terpadu yaitu Kesbangpol, pihak TNI-Polri, Kejaksaan dan Kementerian Agama serta Imigrasi. Nanti ini kita akan tindak lanjuti, untuk kita hentikan aktivitas mereka. Kalau mereka memiliki legalitas dari Kemenkumham, sebagai warga negara yang baik mereka wajib melaporkan diri ke Kesbangpol Kota Sorong, tapi kalau mereka tidak melapor berarti kita menganggap LSM ini ilegal,” tegas Hendrikus Momot yang dihubungi Radar Sorong via telepon seluler, Rabu (13/1).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Menurutnya, setiap yayasan atau organisasi kemasyarakatan memang wajib mengurus administrasi ke Kemenkumham di Jakarta. Tapi kalau mereka masuk ke Provinsi Papua Barat khususnya Kota Sorong, mereka wajib melaporkan diri ke Kesbangpol. ”Sehingga kita dapat membuat surat keterangan organisasi di Kesbangpol. Yang jelas organisasi ini tidak pernah melaporkan diri, jadi kita tidak mengakui keberadaannya di Kota Sorong,” tegasnya lagi.

Menurutnya, bila LSM Kibar tidak melaporkan diri ke Kesbangpol Kota Sorong, berarti tidak bisa melakukan aktivitas atau beroperasi di Kota Sorong. ”Bagaimana mungkin dia beroperasi sedangkan dia tidak melaporkan diri ke Kesbangpol. Yang jelas kita akan tindaklanjuti karena dia tidak melaporkan diri. Kita bisa menghentikan aktivitasnya,” tandasnya.

Dia mengimbauan kepada masyarakat yang berdomisili di Kota Sorong yang membawa organisasi apapun, baik LSM ataupun yayasan, wajib melaporkan diri di Kesbangpol Kota Sorong.  ”Kami juga mengimbau kepada instansi atau apapun itu jika kedatangan LSM yang tidak memiliki legalitas yang terdaftar di Kesbangpol Kota Sorong, jangan meladeni mereka. Kalau mau melayani wajib menunjukkan surat dari Kesbangpol,” pungkasnya.

Sebelumnya, LSM Kibar yang beberapa  waktu lalu melayangkan surat somasi kepada KPP Pratama Sorong, sehingga pihak KPP Pratama merasa resah. Presiden LSM Kibar Andreas R Lasut,SH,S Teol yang ditanyai tujuan dari somasi atau output-nya mengatakan bahwa yang dilakukan LSM Kibar kepada KPP Pratama Sorong menurutnya bahwa itu bagian dari tugasnya. ”Itu kan urusan kita. Saya sebagai Presiden Kibar melakukan ini berdasarkan hukum dan pekerjaan saya sebagai aktivis. Kita terdaftar di Kemenkumham,” katanya, Selasa (12/1). (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed