oleh

Tertimpa Longsor, 2 Nyawa Nyaris Melayang

SORONG – Kejadian longsor menimpa rumah keluarga Filip Kamar yang berlokasi di belakang kompleks Taman Makam Pahlawan, RT 02/RW III Kelurahan Kofkerbu Distrik Sorong. Musibah longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur Kota Sorong sejak Sabtu (11/9) siang hingga malam hari. Beruntung kejadian ini tidak memakan korban jiwa, namun nyaris saja dua nyawa melayang. Kerugian materil ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Kepada Radar Sorong, Filip Kamar mengatakan, posisi rumah mereka yang berpapasan dengan gunung pasir membuat mereka selalu waspada ketika sedang hujan. Saat hujan, mereka semua berada di dalam rumah, sebagian ada di ruang belakang, sedangkan dua cucunya berada di ruang tamu. Tidak lama berselang terdengar bunyi material longsor turun menghantam teras rumah hingga menjebol dan merobohkan ­tembok ruang tamu.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Beruntung dirinya cepat menyelamatkan cucunya yang masih berusia 4 tahun dari ruang tahu ke ruang belakang. ”Sempat tanah sudah tutup kaki, tapi karena cepat tarik akhirnya bisa lolos ke belakang ruma. Sedangkan cucu yang satu karena asik nonton material longsor dan tembok hanya dorong sampai tersandar di tembok ruang tengah,” katanya.

Filip menyatakan Tuhan baik sehingga masih jauhkan dirinya bersama anak dan cucu-cucunya dari bahaya. ”Tuhan baik, hampir dua nyawa melayang,” ucapnya. Menurutnya, longsor yang menimpa rumahnya kali ini merupakan yang kedua, sebelumnya bencana yang sama juga pernah terjadi dua tahun lalu saat bencana hujan disertai longsor yang memakan korban dan harta benda. Kondisi cuaca saat ini membuat mereka was-was dan mengantisipasi jangan sampai hujan mengakibatkan longsor susulan. 

Ia berharap pemerintah Kota Sorong melalui OPD teknis dalam hal ini BNPB Kota Sorong bisa turun melakukan pendataan dan kalau bisa memberi bantuan material bangunan untuk segera merenovasi rumah mereka yang rusak. Akibat kejadian ini, keluarga dan jemaat GKI Getsemani Kampung Nenas Klademak 3, turut serta membersihkan material longsor yang masuk di dalam rumah. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed