oleh

Terapkan Program Inklusi, 3 Maba Berkebutuhan Khusus

-Metro-46 views

Setelah meluluskan 1 mahasiswa berkebutuhan khusus di Tahun 2019, Unimuda Sorong kembali membuka kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengikuti program inklusi yang diterapkan di Unimuda. 

Tahun ini terdapat 3 Maba berkebutuhan khusus, dalam hal ini tuna rungu yang mengambil jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Unimuda Sorong. Ketiga mahasiswa tersebut memilih program studi yang vokasi sehingga memudahkan saat menjalani program inklusi. 

“Mereka saudara kita, kita harus memberikan pelayanan yang baik juga kepada mereka,” ucap Rustamadji. 

Program Inklusi sendiri sangat diapresiasi oleh Pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti. Inklusi sebagai upaya humanisme yang dilakukan guna membangun kepercayaan diri anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal menimba ilmu. 

“Tahun ini ada hibah yang akan kami ikuti untuk pendidikan khusus bagi mahasiswa berkebutuhan khusus,” ucapnya. 

Tidak hanya bagi tuna rungu, kedepan jika anak-anak berkebutuhan khusus lainnya ingin mendaftar di Unimuda Sorong, Rustamadji memastikan akan membuka kesempatan tersebut. 

Maba berkebutuhan khusus tersebut turut mengikuti Matras 2020 Unimuda secara daring, dikarenakan adanya penerjemah bahasa isyarat yang turut ditampilkan oleh Unimuda Sorong. “Mereka juga ikut Matras daring ini, karena ada penerjemah bahasa isyarat,” pungkasnya. 

Selain pembukaan Matras 2020, dikesempatan yang sama, Rustamadji juga membuka magang yang diiikuti oleh 952 Mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan melibatkan 97 sekolah. “Kedepannya diharapkan semua program studi akan menjalani magang, jadi tidak hanya FKIP saja,” ujar Rustamadji. 

Magang terbagi menjadi 2 yakni, magang pertama yang dilakukan di 50 sekolah dan magang kedua di 47 sekolah.  Keterlibatan sekolah-sekolah tersebut berkaitan dengan kampus merdeka, dimana dalam pengusulan program studi baru ada komitmen dengan lembaga, baik BUMN, BUMD atau lembaga lainnya yang ditunjuk oleh Kemendikbud untuk menerima mahasiswa magang dan bisa merekrut serta bersama-sama menyusun kurikulum.(nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed