oleh

Tenaga Kesehatan yang Pertama Dapat Vaksin

KAIMANA – Tenaga kesehatan (Nakes) maupun non nakes di Kaimana, dijadwalkan akan mendapatkan vaksin Covid-19 perdana.
Setelah nakes maupun non nakes menjalani vaksin Covid-19, selanjutnya vaksin akan diberikan kepada anggota TNI/Polri, ASN di setiap OPD, dan terakhir vaksin akan diberikan kepada seluruh masyarakat Kaimana.
“Sasaran yang pertama yakni tenaga kesehatan, sama non kesehatan yang bekerja di OPD maupun lingkungan kesehatan lainnya. Misalnya sopir/driver, tukang cuci, juru masak yang ada di lingkungan kesehatan. Setelah di lingkup kesehatan, selanjutnya TNI/Polri, ASN di OPD-OPD dan terakhir masyarakat,” jelas Maria Chaty Adopak, Kepala Seksi Imunisasi Dinkes Kaimana, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/1).
Kata Chaty, penerima vaksin Corona memiliki beberapa kriteria. Usia penerima vaksin 18 hingga 59 tahun, berbadan sehat serta tidak memiliki penyakit bawaan. Tidak pernah dinyatakan positif Covid-19, ibu hamil dan menyusui ditunda pemberian vaksinnya.

“Memang sejauh ini kami belum melakukan sosialisasi kepada masyarakat, karena ada beberapa kendala.
Selain itu kami juga memiliki keterbatasan ruang penyimpanan vaksin. Namun koordinasi tetap kami lakukan dengan pimpinan,” ujarnya.
Ketika ditanya tentang kepastian kapan dimulai pelaksanaan vaksin Corona di Kaimana? Menurut Chaty, sesuai jadwal yang diterima pihaknya pelaksanaan vaksin Corona dijadwalkan akan dimulai pada bulan Februari mendatang.

“Sesuai jadwal itu bulan Februari mulai dilaksanakan. Karena teman-teman di Provinsi (Papua Barat), serta beberapa kabupaten lainnya sesuai jadwal mereka duluan,” terangnya.
Dalam keterangannya juga Chaty menjelaskan Kabupaten Kaimana akan menerima kurang lebih 3000an vaksin Corona. Vaksin dalam satu kemasan menurutnya, bisa diperuntukan bagi empat sampai lima orang.
“Kalau di Kaimana kita butuh sekitar 3000an vaksin. Karena satu vaksin itu bisa empat sampai lima orang, namun kita perkirakan hanya empat orang,” ujarnya.
Chaty berharap masyarakat Kaimana, berpartisipasi untuk mendapatkan pelayanan vaksin Corona. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed