oleh

Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

-Ekonomi-179 views

SORONG – Buntut dari kasus beredarnya data pegiat media sosial Denny Siregar, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) memastikan data pelanggan yang ada tetap dalam kondisi yang aman. Secara teknis data pelanggan yang dimiliki Telkomsel tetap aman dan Telkomsel senantiasa berkomitmen menjaga data konsumen dengan baik dan tersertifikasi.
Adapun terkait kasus Denny Siregar, berdasarkan keterangan yang diterima Radar Sorong, Kamis (16/7) Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menyebutkan hal itu merupakan tindakan ilegal akses yang dilakukan oleh oknum Costumer Service (CS) Telkomsel dan sama sekali tidak terkait dengan basis data Telkomsel yang bocor. Sementara itu dari informasi yang berhasil dikulik Radar Sorong, usai Telkomsel melakukan investigasi dan melaporkan kasus ini ke polisi beberapa waktu lalu, hasilnya kebocoran data ini ternyata berasal dari FPH, seorang karyawan outsourcing yang berprofesi sebagai Customer Service (CS) DI Grapari Rungkut Surabaya, Jawa Timur.
Terkait dengan hal tersebut, Telkomsel menyikapi dengan serius dan terbuka atas adanya keresahan di tengah masyarakat yang belakangan ini berkembang mengenai keamanan data pelanggan.
“Telkomsel memahami bahwa sistem perlindungan dan keamanan data kami tengah menjadi perhatian bagi pelanggan dan masyarakat. Mengetahui adanya keresahan yang sedang berkembang, sejak awal kami langsung mengambil sikap dan tindakan tegas dengan melakukan proses investigasi secara internal dan menindaklanjuti temuan yang ada dengan proses hukum melalui laporan resmi yang telah kami ajukan kepada aparat penegak hukum, agar dapat ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan penindakan hukum dan konstitusi yang berlaku,” ujar lelaki yang akrab disapa Anto tersebut.
Menanggapi hal tersebut, Telkomsel memastikan dan menjamin data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya. Kewenangan akses data pelanggan dalam operasional pelayanan di berbagai pusat layanan pelanggan Telkomsel, seperti GraPARI, Call Center, maupun yang berbasis digital dan virtual lainnya. Petugas customer service yang telah ditunjuk untuk melayani pelanggan secara langsung memang memiliki akses terhadap sejumlah sistem data pelanggan secara terbatas, sesuai otoritas dan kebutuhan yang telah ditentukan, dengan tetap memiliki fungsi kontrol serta pengawasan sehinga semua aktifitas tetap terpantau ­dengan ketat. Jaminan keamanan ­data pelanggan agar kejadian serupa tidak terulang,
dibuktikan Telkomsel dengan melakukan evaluasi dan mengambil tindakan tegas sesuai aturan internal perusahaan melalui penerapan sanksi sesuai ketentuan baik secara ­administrasi.
Telkomsel turut mengajak seluruh pihak yang terkait, terutama masyarakat dan pelanggan setia Telkomsel, untuk terus berperan aktif dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, terutama saat melakukan transaksi layanan kepada pihak manapun. Telkomsel mengapresiasi respon dan tindak cepat dari aparat penegak hukum atas laporan yang telah diajukan Telkomsel, dan mempercayakan tindak lanjut berikutnya kepada proses hukum yang sedang berjalan. (**/ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed