oleh

Telkomsel Amankan Jaringan di 554 Titik

-Ekonomi-77 views

Antisipasi Lonjakan Trafik

SORONG – Demi memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1442 H,
Telkomsel berkomitmen melakukan pengamanan operasional jaringan Telkomsel sebagai antisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband.
Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 Point Of Interest (POI) di seluruh Indonesia.
Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021. Trafik layanan broadband diprediksi tumbuh sebesar 8,54%, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14% dan 2,95%. Proyeksi tersebut didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital untuk mendapatkan kemudahan menjalani aktivitas keseharian di masa pandemi COVID-19.
Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel sebagai digital connectivity enabler berkomitmen untuk menghadirkan layanan bernilai tambah yang diharapkan dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk terus terhubung dengan orang terdekat dan tetap nyaman dalam menjalin silaturahmi. Hal diupayakan melalui pengamanan jaringan dan optimalisasi pelayanan tersebut.

“Telkomsel secara proaktif telah menjalankan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas internet menjadi 8,07 Tbps. Hingga April 2021, Telkomsel juga menambah 263 unit BTS 4G/LTE baru, sehingga secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. Saat ini juga, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia telah terlayani layanan VoLTE,” terang Nugroho dalam virtual press conference bersama rekan media, Selasa (13/4).
Selain mematangkan infrastruktur di titik-titik dengan potensi pertumbuhan trafik komunikasi yang siginfikan, Telkomsel juga telah menjalankan uji jaringan (drive test) untuk memastikan kualitas dan kestabilan dari jaringan broadband Telkomsel secara merata dan kontinyu di seluruh titik populasi tersebut.
Berdasarkan kegiatan uji jaringan tersebut, secara umum Telkomsel mencatatkan hasil “BAIK” di tiap parameter performa.
Persiapan Telkomsel dalam menyediakan jaringan yang prima pun, lanjut Nugroho, dilengkapi dengan aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan yang mayoritas dilakukan secara virtual guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada pengawasan jaringan.
Virtual monitoring juga menjadi salah satu penguat transformasi digital Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk menerapkan cara kerja baru dan menciptakan lingkungan kerja yang adaptif dan agile.

“Kami berharap, upaya pengamanan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel dapat mendukung masyarakat yang akan menjalani momen RAFI tahun ini secara ­khusyuk dengan tetap mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19.
Telkomsel akan secara konsisten memastikan kenyamanan pengalaman silaturahmi dan kegiatan ibadah masyarakat di momen RAFI ini tetap terjaga dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terkini dari Telkomsel,” tutup Nugroho. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed