oleh

Tegaskan Tak Intervensi Pansel

MANOKWARI – Gubernur Papua Barat ­Drs.Dominggus Mandacan disambangi calon anggota DPR Papua Barat Melalui Mekanisme  Pengangkatan (jalur Otsus) yang gagal terpilih, Kamis (7/7). Tak hanya itu, Ketua MRP PB Maxsi Ahoren didampingi beberapa anggota MRP PB lainnya juga hendak menemui guber­nur namun tak sempat bertemu gubernur yang langsung naik mobil.

Salah satu calon anggota DPR Papua Barat jalur Otsus yang gagal terpilih sudah menunggu cukup lama di lobi kantor gubernur, namun saat itu Gubernur bersama para pejabat eselon II dan ASN lainnya sedang mengikuti ibadah/doa. Ketika Gubernur keluar lobi menuju mobil dinas, calon anggota DPR PB jalur Otsus ini pun menghampiri. Dia menyampaikan protes atas penetapan 11 calon terpilih anggota DPR PB jalur Otsus yang telah diserahkan Pansel kepada Gubernur.

Gubernur dengan tegas menyatakan, dirinya hanya menerima hasil seleksi, tidak pernah mengintervensi ­Pansel (Panitia Seleksi). Gubernur bahkan balik meminta kepada calon yang gagal untuk bertanya pada diri sendiri, mengapa tidak terpilih. ‘’Kenapa tidak terpilih? Itu tanyakan diri masing-masing. Sebagai Gubernur saya tidak pernah mengintervensi Pansel.  ­Pansel yang menyusun peringkat berdasarkan nilai tes,” jelas Gubernur kepada peserta seleksi yang gagal terpilih.

Kepada peserta seleksi yang tidak puas, Gubernur mempersilakan menempuh jalur hukum. Pansel telah melak­sanakan tugas seleksi dan hasilnya telah diserahkan untuk selanjutnya diusulkan ke Mendagri untuk ditetapkan. “Oke, begitu ya. Kalau ada yang tidak puas silakan tempuh jalur hukum,” ucap Dominggus sambil naik ke atas mobil yang sudah menunggunya.

Ketika memberi sambutan pada ibadah bersama, ­Dominggus mengakui sejak Pansel menyerahkan 11 calon anggota terpilih DPR PB jalur Otsus, dirinya banyak men­dapat SMS dari beberapa tokoh masyarakat. “Ada banyak SMS  yang masuk, tetapi saya tidak mengintervensi apa yang diputuskan Pansel,” tuturnya.

Gubernur mengatakan, 11 nama calon terpilih anggota DPR PB jalur Otsus ini akan segera diserahkan ke Men­dagri untuk ditetapkan. Dalam ­satu minggu ini masih diberi kesempatan kepada 11 calon terpilih untuk melengkapi persya­ratan.  Pelantikan 11 anggota terpilih DPR PB jalur Otsus segera dilakukan bila sudah mendapatkan SK penetapan dari Mendagri. Anggota DPR PB jalur Otsus ini akan meleng­kapi anggota DPR PB dari jalur partai politik. “Saya yang akan melantik 11 orang itu,” ­ucapnya singkat.

Pansel beranggotakan 5 orang  merupakan keterwakilan pemerintah, akademisi, masyarakat adat, kejaksaan dan pers-lah yang memfasilitasi pelaksanaan seleksi, mulai dari ­administrasi, tes tertulis, pemeriksaan kesehatan, tes bebas narkoba, penulisan ­makalah dan wawancara. Pansel melak­sanakan semua tahapan ­secara terbuka. “Tidak ada yang ­rahasia, semua terbuka,” ­tandas Gubernur. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed