oleh

Tarif Angkutan Umum Diatur Dalam Perda

-Metro-98 views

Tarif penumpang angkutan umum seperti bus, maupun taksi angkutan kota diatur di dalam Peraturan Daerah (Perda). Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sorong, Drs. Wilhelmus Asmuruf meralat kembali pernyataannya yang mengatakan bahwa ketika bus bantuan Kemenhub RI dioperasikan, maka tarif bus bantuan tersebut akan ditentukan oleh SK Wali Kota Sorong pada pemberitaan Radar Sorong pada Rabu 2 September 2020 kemarin.

Menurut Wilhelmus, pada dasarnya, sebuah tarif penumpang pada angkutan umum ditentukan berdasarkan Peraturan Daerah. Apalagi, jika bus bantuan Kementerian Perhubungan RI sudah dioperasionalkan, maka terkait tarifnya pun akan ditentukan di dalam Perda. Suatu Perda tidak dapat begitu saja dikeluarkan namun harus dibahas dan ditetapkan bersama Pemerintah Kota Sorong dan DPRD Kota Sorong

“Tarif penumpang itu diatur di dalam Perda,”jelasnya kepada Radar Sorong melalui sambungan selulernya.

Selama ini, rata-rata tarif angkutan umum pun ditetapkan oleh Perda, seperti angkutan umum atau angkutan kota (Angkot), per penumpang dikenakan Rp 5 ribu dengan jalur tempuh yang sudah ditentukan dan tentunya berdasarkan jalur angkutan tersebut.

Ia menambahkan,  untuk izin trayek angkutan umum saat ini ditangani Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTMPTSP) Kota Sorong.(Juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed