oleh

Tangani Corona, Pemda Realokasi Rp 40 M

KAIMANA – Bupati Kabupaten Kaimana Drs. Matias Mairuma mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Kaimana, akan merealokasikan dana penanganan Covid-19 atau Corona di Kaimana sebesar Rp 40 Miliar. Serta telah dua kali realokasikan anggaran untuk penangan Corona di Kaimana. Hal ini mengacu pada instruksi pemerintah pusat dalam hal ini, Kemendagri dan Kementerian Keuangan RI.
Realokasi yang pertama menurut Bupati, diambil dari APBD untuk biaya dana investasi daerah dan Dana Alokasi (DAU) bidang kesehatan. Dua komponen dana tersebut, yang tertuang didalam APBD sebesar Rp. 14 Miliar, dana tersebut menurutnya terasa sangat kurang.
“APBD kita ditetapkan tanggal 31 Desember 2019, kita kedatangan tamu yang namanya Corona ini kurang lebih tanggal 1 Maret 2020. Sudah pasti di APBD tidak terakomodir, apapun untuk pembiyaan Corona” jelas Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma ketika menjawab pertanyaan wartawan di Kaimana, Kamis (30/4).
Dikatakan Bupati, ketika melakukan Video Converence bersama para Menteri ada instruksi agar dilakukan realokasi dana, dari biaya anggaran perjalan dinas yang tidak urgent untuk realokasi pembiayaan Corona.
“Hari ini akan kita pastikan lagi, namun kurang lebih Rp 40 Miliar untuk keperluan penanganan Corona di Kaimana,” ujar Bupati.
Meski demikian, Bupati dalam keterangannya juga menyebutkan, pemerintah daerah akan melakukan relokasi lagi sejumlah dana tersebut, khusus untuk penanganan Corona di Kaimana. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed