oleh

Stok Melimpah, Harga Bawang Putih Turun Rp 25.000/Kg

-Ekonomi-127 views

SORONG – Stok bawang ­putih yang melimpah di Kota Sorong membuat harga komoditi bumbu dapur ini kian merosot. Pantauan Radar Sorong di Pasar Sentral Remu, Rabu (24/6), bawang putih dijual dengan harga Rp 25.000/Kg.

 Menurun salah seorang pedagang bernama Imam, harga normal bawang putih di pasaran Kota Sorong adalah sekitar Rp 45.000 hingga Rp 50.000/Kg. ”Termasuk ya murah sekali ini, biasanya kan harga normal bawang putih sekitar Rp 45.000 sampai Rp 50.000. Tapi kemarin pas lagi heboh Corona kan sampai Rp 90.000/Kg,” ujarnya kepada Radar Sorong, Rabu (24/6).

  Dikatakannya stok bawang putih yang dijualnya merupakan barang impor dari luar daerah, seperti dari Pulau Jawa dan Sulawesi. ”Macam-macam, kadang impor dari Surabaya, kadang dari Makassar. Tergantung mana yang ada, dan mana yang paling gampang dijangkau. Karena kita juga harus mempertimbangkan biaya angkutnya,”tandasnya.

Di tengah harga bawang putih yang sedang turun, minat beli masyarakat juga masih dikategorikan stabil. Tak ada perbedaan mencolok jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Dari sisi pendapatan para pedagang, juga tak banyak berpengaruh.

  Diakui Imam, dirinya bisa menjual bawang putih hingga 3 bahkan 4 karung tiap harinya. ”Rata-rata hampir samalah seperti biasanya. Sehari paling 3 karung, kalau paling banyak paling 4 karung. Masyarakat juga jarang yang beli banyak meskipun sekarang harganya lagi murah. Ya seperti biasa saja lah,” ­ungkapnya.

  Meski harga bawang putih terbilang sangat murah sekarang, namun Imam dan beberapa pedagang lainnya mengaku tak terlalu merugi. Sebab modal yang dikeluarkan juga tak terlalu besar.

”Kalau dibilang rugi sekali sebenarnya tidak sih, karena sebandinglah. Kami modal juga tidak terlalu mahal makanya kami jual dengan harga murah juga tidak terlalu berpengaruh. Apalagi bawang putih ini kan termasuk tahan lama juga, tidak cepat busuk. Jadi kami bisa simpan stok lebih lama, beda dengan cabe atau tomat misalnya. Kalau bawang putih sampai sebulan juga bisa tahan,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed