oleh

Stok Beras Aman
Hingga 4 Bulan

-Ekonomi-68 views

SORONG – Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Sorong, Rendy Ardiansyah mengatakan , sebelumnya beras dari Merauke pernah distribusikan untuk wilayah Sorong Raya namun pada saat itu didatangkan melalui kapal angkutan reguler bukan menggunakan kapal tol laut sehinggah rutenya ke Pulau Jawa terlebih dahulu kemudian bisa memakan waktu lama perjalanan ke Sorong.

“Jadi harga menggunakan kapal reguler mahal dan waktunya lama dibanding sekarang sudah ada kapal tol laut harga lebih murah dan waktunya cepat tiba di Sorong,” katanya ketika ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (4/2/2021).
Sehingga lanjutnya, bahwa saat ini beras Merauke yang didatangkan pada tahap pertama ditujukan ke Jayapura. Karena Bulog Sorong sendiri masih ada stok beras yang didistribusikan dari Surabaya dan Makassar.

“Posisi stok beras kita di Gudang Bulog Sorong itu masih melimpah. Fisiknya sekitar 2.500 ton dan perjalanan dari Jawa dan Sulses ada 1.500 ton sehinggah total ­administrasi ada 4.000 ton,” jelasnya.
Pinca Perum Bulog Kanca Sorong, Rendy Ardiansyah menjelaskan bahwa stok beras 4.000 ton dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Sorong Raya selama 4 bulan kedepan. “Kalau stok kita sudah turun dari 4.000 atau 3000 ton maka kita akan mulai plan lagi untuk mendatangkan beras dari Merauke sekitar bulan depan,” jelasnya.
Namun, ia menegaskan bahwa akan memanfaatkan moment hadirnya tol laut.
Karena beras lokal yang didatangkan dari Merauke yang sangat berlimpah tersebut bisa diterima oleh cabang Bulog yang ada di Papua.

“Terus terang kita lebih prepare karena beras dari Merauke kualitasnya lebih bagus dan lebih fresh daripada dari Jawa atau Sulsel. Kita bangga kalau gunakan beras lokal karena beras wilayah Papua bisa memenuhi beras dari Papua sendiri sehingga kita akan manfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah ini,” tegasnya.
Dia juga mengatakan Bulog Sorong dapat mendapatkan porsi pagu yang lumayan besar dari tol laut tersebut.
“Kemarin ada 500 ton. Kalau kita berharap sekali kirim 1000 ton karena gudang kita kapasitasnya 10.500 ton. Mereka kirim 5.000 ton kita siap tapi keterbatasan akomodasi kapal,” jelasnya.
Dijelaskannya bahwa Bulog melayani untuk golongan anggaran PNS otonom, PNS vertikal, TNI, Polri. “Dan kita juga melayani KPSH, ketersediaan pangan dan stabilisasi harga agar harga di pasaran itu stabil jadi tidak ada yang bermain-main harga beras,” ujarnya
Kemudian, dia menambahkan bahwa Bulog juga suplay ke rekanan Bulog untuk beras Premium. Sementara itu Bulog juga tersedia beras ­Medium.

“Selain beras, Bulog juga ada tepung terigu, minyak goreng dan gula pasir,” katanya.
Rendy juga mengaku bahwa butuh kejelasan rute tol laut untuk jadwal ke Merauke hingge ke Sorong. “Kita butuh kejelasan rutenya rutin berapa karena kita tidak bisa tergantung di satu transportasi saja. Kalau hari ini masuk, kemudian 6 bulan lagi kan bisa kerepotan,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed