oleh

Sosialisasikan Tahapan Pilkada ke PPD-PPS

WAISAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat mensosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 dan Keputusan KPU Raja Ampat Nomor 41/HK.03.1-kpt/9205/KPU-kab/VI/2020, tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan ­Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampat ­Tahun 2020. Sosialisasi difokuskan kepada PPD dan PPS. Pelaksanaan sosialisasi digelar selama 3 hari di 5 zona berbeda serentak di wilayah kabupaten Raja Ampat.

Divisi Teknis Penyelenggaraan, Herdhi F. Rumbewas,SH selaku Korwil Zona IV (empat) usai sosialisasi di Salawati-Batanta kepada wartawan menjelaskan, disamping menyampaikan point-point penting bagi penyelenggara tingkat bawah terkait jadwal tahapan Pilkada serentak 2020, pihaknya juga meminta PPS segera merekrut dan melaporkan nama-nama PPDP (Petugas Pemuktahiran Data Pemilih) atau yang dikenal Pantarlih.

Di tengah pandemi Covid- 19, pihaknya mewajibkan PPDP dalam menjalankan tugas Pencocokan dan Penelitian (Mencoklit) data pemilih, harus mengikuti protokol kesehatan. Karena itu, pihaknya menyiapkan alat pelindung diri (APD), seperti masker dan perlengkapan lainnya, sehingga dalam menjalankan tugas nantinya di lapangan semua lebih safety dan terhindar dari penyebaran virus corona. ”Sesuai jadwal pembentukan PPDP ini sudah berjalan pada 24 Juni sampai dengan 14 Juli. 15 Juli mulai masa kerja PPDP sampai 13 Agustus selesainya pemuktahiran data pemilih. Kepada semua PPS kita minta agar segera melaporkan nama-nama PPDP ke KPU agar diseleksi supaya ditetapkan sekaligus keluarkan SK sekalian lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagaimana mekanisme serta cara-cara pemuktahiran data pemilih tersebut,” jelas Herdhi yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/6).

Ditambahkan, dalam sosialisasi PKPU, pihaknya lebih konsen pada tahapan program dan jadwal yang saat ini sudah dilakukan diseluruh wilayah Raja Ampat untuk kembali memacu masyarakat agar mengikuti pemilihan pada Rabu 09 Desember 2020 mendatang.

Selain sosialisasi, pihaknya juga menyerahkan Surat Keputusan Nomor 41/HK.03.1-kpt/9205/KPU-kab/VI/2020 tentang perubahan kedua atas keputusan KPU Raja Ampat Nomor 01/HK.03.1-Kpt/9205/KPU-kap/IX/2019 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Bupati Dan Wakil Bupati kabupaten Raja Ampat Tahun 2020, serta menyerahkan formulir perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) kepada masing-masing penyelenggara PPS diseluruh wilayah kabupaten Raja Ampat. (hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed