oleh

Sosialisasikan Perbup ke Pelaku UMKM

-Metro-57 views

AIMAS – Wakil Bupati Sorong Suka Harjono S.Sos, M.Si membuka kegiatan sosialisasi Perundang – undangan kepada pelaku UMKM yang diselengarakan oleh Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PT2SP), Kamis (26/11). Kegiatan diikuti oleh pelaku UMKM ini, nantinya akan ditindaklanjuti pada pelaku usah lain yang melakukan aktivitas investasi dan aktivitas perekonomian di Kabupaten Sorong.

Kepala Dinas PM-PT2SP, Dr. Salmon Samori, S.Sos, M.Si mengatakan, ada beberapa perubahan Peraturan Bupati Nomor 7 tahun 2018 sehingga perlu dilakukan sosialisasi kembali kepada para pelaku usaha. Perubahan daripada isi Perbup, kata kadis, sebenarnya hanya untuk menyederhanakan proses perizinan bagi para pelaku usaha nantinya.

“Dengan adanya peraturan ini saya harap dapat memangkas sistem birokrasi. Jika dulu prosesnya berbelit-belit sehingga memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, maka permasalahan ini bisa segera terselesaikan. Standar SOP kita harus mendukung itu,” ujarnya.

Selain bidang perizinan, bidang pengendalian dan bidang pengaduan juga merupakan kerkaitan dari seluruh tugas PT2SP. Sehingga ia mengimbau apabila ke depan para pelaku usaha merasa adanya ketidaksesuaian dari proses perijinan, agar melaporkan secara berjenjang kepada PT2SP.

“Kami akui dinas kami belum maksimal, oleh karenanya kami minta kepada para pelaku usaha dapat membantu kami. Supaya ke depan kami dapat mengevaluasi agar dapat lebih maksimal lagi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sorong Suko Harjono S.Sos, M.Si membeberkan bahwa jumlah pelaku usaha yang telah memperoleh surat izin usaha perdagangan mengalami peningkatan setiap tahun.

“Pada tahun 2017 jumlah UMKM  yang telah memperoleh surat izin usaha perdagangan sebanyak 245, tahun 2018 sebanyak 312, tahun 2019 sebanyak 381. Hal ini menunjukkan peningkatan pelaku UMKM di Kabupaten Sorong dalam pengurusan izin usahanya,” jelas Wabup. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed