oleh

Sorong ‘Digoyang’ Gempa 4,8 SR

SORONG – Gempabumi Tektonik berkekuatan Mag 4,8 SR mengguncang perairan Sorong, Jumat (12/2) sekitar pukul 21.49 Wit, di kedalaman 10 Km. Gempabumi yang tidak berpotensi tsunami tersebut terjadi pada koordinat 0.62 Lintang Selatan-131.48 Bujur Timur atau tepatnya terjadi di laut 38 Km Timurlaut Sorong.

Meskipun Gempabumi berkekuatan 4.8 SR tidak berpotensi Tsunami, namun cukup membuat khawatir masyarakat Sorong lebih khusus Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Sorong Selatan yang merasakan guncangan gempabumi yang cukup kuat. Bahkan beberapa diantaranya pun mempertanyakan apakah ada gempa susulan atau tidak, untuk mewaspadai bilamana terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Kepala Stasiun Geofisika Sorong, Rully Oktavia Hermawan,S.Kom,M.Kom yang dikonfirmasi Radar Sorong membenarkan bahwa telah terjadi gempa di perairan Sorong, namun gempa magnitude 4,8 tersebut tidak berpotensi Tsunami. Gempa 4.8 SR ini juga dirasakan di tiga daerah yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Sorong Selatan. “Kami baru mengupdate tiga daerah tersebut yang sementara terkonfirmasi merasakan gempa,”jelasnya kepada Radar Sorong, Jumat (12/2). 

Terkait apakah akan ada gempa susulan, Rully mengungkapkan Stasium Geofisika Sorong masih terus melakukan monitoring. Rully pun mengungkapkan rilis kejadian gempabumi tersebut disiapkan untuk masyarakat agar masyarakat tetap waspada, namun jangan panik. “Kami masih terus melakukan monitoring terkait gempabumi susulan,”ungkapnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed